Makna Dan Tujuan Dari Fungsi Interaksi Sosial Terhadap Keselarasan

Dalam artikel ini kita akan membahas bahan wacana fungsi interaksi sosial, tujuan interaksi sosial, makna interaksi sosial, keselarasan dan efek interaksi sosial.

Makna dan Tujuan dari Fungsi Interaksi Sosial Terhadap Keselarasan

Arti Keselarasan

Keselarasan memiliki makna sesuatu yg serasi sejalan dan tidak bertentangan, saling melekat, saling membutuhkan dan saling menghargai.

Makna Interaksi Sosial

Interaksi sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial yang bersifat dinamis dan ini merupakan bentuk umum proses sosial. 
Proses interaksi sosial biasanya diawali dengan kontak dan hubungan sosial dan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan insan sebagai makhluk sosial.

Melalui proses interaksi sosial, kita sanggup melihat dan saling memahami latar belakang dan motivasi tindakan seseorang ataupun kelompok masyarakat dalam bekerjasama dengan pihak lain.

Kecenderungan arah tindakan baik perseorangan ataupun kelompok, perlu diketahui dengan baik terutama untuk memenuhi kebutuhan hidupnya pada masa datang. Interaksi sosial merupakan proses yang terjadi setiap ketika dan di setiap tempat. Semua dilakukan sebagai wujud bahwa insan membutuhkan orang lain, tidak sanggup hidup sendirian di mana pun ia berada.

Dalam kehidupan yang terisolasi, interaksi sosial akan terlihat dan terasa menjadi sangat penting. Kehidupan terisolasi atau terasing sanggup diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya alasannya secara fisik seseorang sama sekali diasingkan dari hubungan dengan orang-orang di sekitarnya atau sanggup juga terjadi alasannya adanya ketidaksempurnaan pada salah satu indranya.

Mungkin juga alasannya efek perbedaan ras atau kebudayaan yang pada karenanya menjadikan prasangka yang mengakibatkan pengasingan ataupun sanggup juga alasannya ketidakmampuan seseorang atau suatu kelompok sosial untuk mengadakan interaksi sosial dengan orang atau pihak lain.

Fungsi interaksi sosial

Sebagai tanggapan dari adanya proses interaksi sosial, dibutuhkan sanggup mengakibatkan keselarasan dan keharmonisan hubungan antarsesama insan dalam suatu masyarakat. Untuk menggapainya perlu diciptakan proses sosial yang sifatnya saling toleransi ketika dihadapkan pada perbedaan di antara pihak yang saling berinteraksi.

Selain itu, perlu diciptakan norma-norma yang mengatur supaya proses interaksi sosial berjalan secara selaras, seimbang, dan melahirkan keeratan hubungan emosional antarpihak yang berinteraksi.

Lahirnya tata tertib, peraturan-peraturan pemerintah hingga kepada undang-undang intinya merupakan salah satu wujud supaya proses interaksi sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat sanggup berjalan secara selaras dan seimbang.

Dengan demikian, tidak menjadikan dan berbagi akibat-akibat negatif dari proses interaksi sosial yang berjalan.

Baca juga: Faktor-faktor Proses Sosial