Menerapkan Tata Cara Dan Prinsip-Prinsip Dalam Diskusi

Pernahkah kalian melaksanakan diskusi? Bagus, diskusi memang merupakan sarana bertukar isu maupun bertukar pendapat untuk mencari jalan keluar dari suatu permasalahan.

Baik dalam situasi resmi maupun tidak resmi, diskusi masih menjadi pilihan saat terjadi kebuntuan menghadapi permasalahan.

Menerapkan Prinsip-prinsip Diskusi

Diskusi akan berjalan lancar dan menghasilkan simpulan yang bermanfaat jikalau para akseptor diskusi mengetahui tata cara dan prinsip-prinsip diskusi.

1. Perangkat diskusi

Dalam sebuah diskusi akan terjadi arus kemudian lintas pembicaraan dari segenap akseptor diskusi, baik berupa pertanyaan, saran maupun pendapat. Agar diskusi sanggup berlangsung dengan baik, maka perlu ditetapkan perangkat diskusi.

a. Pembicara : orang yang ditugasi menghantarkan permasalahan yang akan dibahas dalam diskusi;

b. Moderator : orang yang ditugasi mengatur kemudian lintas pembicaraan supaya pembicaraan berlangsung teratur;

c. Penulis/penambat : orang yang bertugas mencatat pertanyaan atau tawaran yang disampaikan para akseptor diskusi sekaligus menulis simpulan diskusi untuk disampaikan kepada seluruh akseptor diskusi pada selesai diskusi.
 diskusi memang merupakan sarana bertukar isu maupun bertukar pendapat untuk mencari Menerapkan Tata Cara dan Prinsip-prinsip dalam Diskusi
Gambar: Prinsip dalam Berdiskusi

2. Memberikan argumen yang logis dalam berpendapat

Diskusi biasanya bertujuan untuk mencari pemecahan atas sebuah masalah. Dalam mencari pemecahan duduk masalah dilakukan dengan meramu banyak sekali pandangan atau pendapat dari para akseptor diskusi.

Berikanlah pendapat untuk sebuah mengatasi duduk masalah dengan menawarkan alasan yang sanggup diterima logika oleh semua pihak. Hindarkanlah pemaksaan kepada akseptor lain untuk mendapatkan pendapat yang kalian sampaikan.

Jika ada pendapat dari akseptor lain yang memang lebih baik dan lebih sanggup diterima oleh semua akseptor diskusi maka kalian harus juga mendapatkan pendapat itu dengan kebesaran hati.

3. Tidak ada pemenang dalam diskusi

Akhir dari sebuah diskusi bukanlah siapa yang menang dan siapa yang kalah, melainkan jadinya berupa sebuah simpulan untuk mengatasi sebuah permasalahan yang didiskusikan. Simpulan dari diskusi merupakan simpulan bersama.