Pengertian Dan Cara Menulis (Membuat) Surat Pembaca

Artikel ini membahas perihal cara menciptakan surat pembaca, cara menulis surat pembaca, teladan surat pembaca perihal lingkungan sekolah, dan unsur-unsur serta ciri-ciri khusus surat pembaca dengan yang lainnya.

Pengertian surat pembaca

Surat Pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat dalam surat kabar/koran, majalah yang berisi tanggapan, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih,  dan lain-lain.
Surat pembaca merupakan surat terbuka yang isinya sanggup dibaca oleh siapa saja serta sanggup ditujukan kepada lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, perorangan, kelompok, atau organisasi.

Digolongkan sebagai surat lantaran isinya biasanya ditujukan kepada seseorang atau sebuah instansi atau organisasi. Teks itu ditulis oleh para pembaca dari media cetak tersebut. Itulah sebabnya dikenal dengan rubrik surat pembaca.

Isi surat pembaca sangat beragam. Sebagian besar isi surat pembaca berisi keluhan atau komplain atas sebuah permasalahan.

Di samping itu ada juga orang yang mengirim surat pembaca berisi saran atau kritikan, baik kepada media cetak itu sendiri maupun kepada langsung atau instansi tertentu.

Seperti yang tertulis pada teladan surat pembaca di atas ialah surat pembaca yang berisi saran untuk menertibkan kebiasaan sekelompok pelajar yang suka bermain-main di mall dikala jam pelajaran sekolah.
Artikel ini membahas perihal cara menciptakan surat pembaca Pengertian dan Cara Menulis (Membuat) Surat Pembaca
Cara Menulis Surat Pembaca

Cara membuat/menulis surat pembaca

Hal-hal yang secara faktual membedakan surat pembaca dari teks yang lain sebagai berikut.

1. Struktur

Susunan surat pembaca memang berbeda dari suratmenyurat biasa. Dalam surat pembaca alamat tujuan surat pembaca tidak ditulis dalam penggalan tersendiri sebagaimana surat biasa. Namun demikian secara tersirat sanggup diketahui surat pembaca itu ditujukan kepada siapa.

2. Gaya bahasa

Gaya bahasa surat pembaca sangat beragam, tergantung pada gaya masing-masing pengirim surat. Ada surat pembaca dengan gaya mempertanyakan, menyindir, mengimbau, bahkan ada yang menulis surat pembaca berbentuk puisi atau anekdot.

3. Kesantunan

Apapun gaya penyampaian dalam surat pembaca, yang tak boleh dilupakan ialah kesantunan. Entah itu kritikan, pertanyaan, proposal atau apa pun isinya sebaiknya disampaikan dengan penuh kesantunan semoga tidak mengakibatkan ketersinggungan pihak yang dituju.