Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung Pada Alam?

Ada sebuah pertanyaan; mengapa negara maju tidak tergantung pada alam? Benarkah negara maju tidak tergantung pada alam?

Sebenarnya tidak gampang untuk menjawab pertanyaan ini. Karena sebetulnya negara maju juga membutuhkan alam, walaupun tidak secara pribadi dan mungkin melalui mediator negara lain.

Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung Pada Alam?

Tapi seandainya pertanyaan ini masih tetap diajukan, setidaknya beberapa alasan di bawah ini sanggup menjawabnya;

1. Diantara ciri negara maju ialah penduduknya lebih banyak bekerja di sektor industri dari pada pertanian

Walaupun untuk mendapat barang-barang produksi, sebuah negara atau perusahaan juga mengimpornya atau membelinya dari negara lain yang diambilnya pribadi dari alam.

2. Bahwa negara maju lebih berorientasi pada perdagangan dalam dan luar negeri

3. Kegiatan Ekonomi Utama di Sektor Industri dan Jasa
 Benarkah negara maju tidak tergantung pada alam Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung Pada Alam?
Gambar: Perekonomian Negara Berkembang

Mata pencaharian utama masyarakat di negara maju ialah bidang industri dan jasa. Contoh bidang industri ialah industri mobil, elektronik, alat-alat berat, pesawat terbang, dan masakan jadi. Contoh bidang jasa yaitu jasa keuangan, pendidikan, hiburan, dan konsultan.

Struktur ekonomi masyarakat di negara maju sudah bergeser dari perekonomian agraris ke perekonomian industri. Artinya, mata pencaharian pokok rakyat di negara maju berasal dari sektor industri dan jasa.

Akan tetapi tidak berarti hasil produksi pertanian di negara industri lantas mengecil. Pertanian di negara maju dikembangkan dengan teknologi canggih sehingga sanggup lebih produktif dan menghasilkan produk pertanian yang berkualitas.

Jadi, kesimpulannya ialah bahwa sumber daya alam yang ada pada umumnya dikelola oleh negara-negara berkembang dan kemudian diekspor ke negara-negara maju.