Pengertian Alokasi Sumber Daya Dan Biaya Kesempatan Beserta Misalnya Dalam Kehidupan Ekonomi Sehari-Hari

Berikut ini yakni pembahasan perihal Alokasi Sumber Daya, alokasi sumber daya ekonomi, kelangkaan sumber daya alam, perbedaan ekonomi mikro dan makro, pengertian alokasi sumber daya, alokasi sumber daya alam, Biaya Kesempatan, pengertian biaya kesempatan, pola biaya peluang dalam kehidupan sehari hari, pola biaya peluang pada kesempatan kerja, pola opportunity cost dalam kehidupan sehari hari, pola biaya kesempatan.

Pengertian Alokasi Sumber Daya dan Biaya Kesempatan beserta Contohnya

Apakah yang dimaksud dengan biaya alokasi sumber daya?
Alokasi sumber daya adalah penyerahan sumber daya yang tersedia untuk banyak sekali penggunaan. 
Dalam konteks ekonomi secara keseluruhan, sumber daya sanggup dialokasikan dengan banyak sekali cara, menyerupai perencanaan pasar atau sentral.

Dalam administrasi proyek, alokasi sumber daya atau administrasi sumber daya yakni suatu kegiatan terskedul dan sumber daya yang diperlukan oleh kegiatan tersebut sementara mempertimbangkan ketersediaan sumber daya dan waktu proyek.
Biaya peluang atau biaya kesempatan (Opportunity Cost) yakni biaya yang dikeluarkan dikala menentukan suatu kegiatan. Berbeda dengan biaya sehari-hari, biaya peluang muncul dari kegiatan yang tidak sanggup kita lakukan. 
Sebagai contoh, misalkan seseorang mempunyai uang Rp 10.000.000. Dengan uang sebesar itu, ia mempunyai kesempatan untuk bertamasya ke Bali atau membeli sebuah TV.

Jika ia menentukan untuk membeli TV, ia akan kehilangan kesempatan untuk menikmati keindahan Bali; begitu pula sebaliknya, apabila ia menentukan untuk bertamasya ke Bali, ia akan kehilangan kesempatan untuk menonton TV. "Kesempatan yang hilang" itulah yang disebut sebagai biaya oke.

Seperti telah kau ketahui, kebutuhan insan jumlahnya sangat tidak terbatas, sedangkan jumlah alat pemuas kebutuhan insan jumlahnya sangat terbatas.

Oleh alasannya itu, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, insan sering kali harus mengeluarkan pengorbanan, baik itu berupa uang maupun berupa tenaga.

Adanya keterbatasan sumber daya pemuas kebutuhan manusia, mendorong insan untuk melaksanakan banyak sekali pilihan dari segala sesuatu yang tersedia dan sanggup dipilih.

Pilihan merupakan suatu tindakan untuk mengambil keputusan mengenai barang apa yang akan dipilih sehingga kepuasan individu tetap sanggup tercapai.

Untuk itulah ilmu ekonomi lahir, yaitu untuk membantu bagaimana seseorang, individu, atau masyarakat melaksanakan pilihan terhadap sumber daya yang langka dalam memenuhi kebutuhan.

Ilmu ekonomi sanggup dipakai sebagai alat untuk memecahkan problem ekonomi. Untuk mengatasi banyak sekali permasalahan tersebut, insan selalu melaksanakan tindakan ekonomi.

Tindakan ekonomi merupakan tindakan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dengan sumber-sumber ekonomi yang terbatas.

Sebagai konsumen, insan akan berusaha memenuhi kebutuhannya dengan barang dan jasa yang jumlahnya terbatas, sementara sebagai produsen, insan akan melaksanakan produksi secara optimal dengan sumber daya yang terbatas.

Setiap pilihan yang dilakukan oleh konsumen dan produsen terhadap suatu barang dan jasa, tentu saja melahirkan suatu pengorbanan yang berupa barang-barang atau jasa yang tidak dipilih.

Misalnya, alasannya keterbatasan uang yang kau miliki, kau lebih menentukan membeli tas daripada membeli sepatu. Dengan demikian, kau sudah mengorbankan kesempatan untuk membeli sepatu.

Contoh lainnya, yaitu sebuah perusahaan lebih menentukan memproduksi genteng daripada memproduksi kerikil bata. Perusahaan tersebut telah mengorbankan kesempatannya untuk memproduksi kerikil bata.

Pengorbanan kau membeli sepatu dan pengorbanan perusahaan memproduksi kerikil bata merupakan pengorbanan berupa kesempatan. Dalam ilmu ekonomi, pengorbanan berupa kesempatan tersebut disebut sebagai biaya kesempatan yang hilang atau opportunity cost.

Baca juga: Macam-macam Jenis Barang Beserta Contohnya