Pengertian Ledakan Penduduk, Efek Dan Akhir Ledakan Penduduk Serta Cara Mengatasi Ledakan Penduduk

Berikut ini yaitu pembahasan lengkap perihal Ledakan penduduk yang mencakup pengertian ledakan penduduk, imbas ledakan penduduk, imbas negatif ledakan penduduk, tanggapan ledakan penduduk, cara mengatasi ledakan penduduk, upaya mengatasi ledakan penduduk.

Pengertian Ledakan Penduduk

Tahukah kau apa artinya ledakan penduduk? Bagaimana ledakan penduduk di perkotaan dengan di pedesaan?
Ledakan penduduk sanggup diartikan suatu keadaan kependudukan yang menunjukkan pertumbuhan yang melonjak cepat dalam jangka waktu yang relatif pendek. 
Ledakan penduduk biasanya terjadi lantaran angka kelahiran sangat tinggi, sedangkan angka ajal mengalami penurunan yang drastis.

Penurunan angka ajal yang drastis ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain lantaran membaiknya kondisi kesehatan dan perbaikan gizi masyarakat.

Pada umumnya, ledakan penduduk terjadi pada negara-negara yang sedang berkembang, termasuk di Indonesia. Pertambahan penduduk Indonesia dalam kurun waktu hanya 40 tahun meningkat lebih dari 100%.

Pada tahun 1961, jumlah penduduk Indonesia hanya 97.985.000 jiwa, tetapi pada tahun 2000 telah meningkat menjadi 203.456.000 jiwa.
Berikut ini yaitu pembahasan lengkap perihal Ledakan penduduk yang mencakup pengertian le Pengertian Ledakan Penduduk, Dampak dan Akibat Ledakan Penduduk serta Cara Mengatasi Ledakan Penduduk
Grafik: Ledakan Jumlah Penduduk Indonesia dari Tahun 1961 sampai Tahun 2000 

Ledakan penduduk sebagai tanggapan pertumbuhaan penduduk yang cepat menyerupai itu menawarkan imbas yang jelek bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

Dampak Ledakan Penduduk

Beberapa imbas negatif yang timbul sebagai tanggapan terjadinva ledakan penduduk di antaranya sebagai berikut.

1) Tingkat kemiskinan semakin meningkat lantaran pertumbuhan penduduk yang cepat biasanya tidak serta merta diikuti oleh pertumbuhan ekonomi yang cepat.

2) Pertumbuhan penduduk yang cepat tidak seimbang dengan peningkatan produksi pangan sanggup mendorong kekurangan pangan.

3) Timbulnya permukiman atau tempat kumuh di perkotaan sebagai tanggapan mahalnya harga tanah dan rumah.

4) Pemerintah mengalami kesulitan menyediakan sarana kebutuhan masyarakat menyerupai sarana pendidikan dan kesehatan, perumaham, dan lain-lain disebabkan memerlukan dana yang besar dan lokasinya padat oleh permukiman penduduk.

Jika imbas dari ledakan penduduk tidak segera diatasi, sanggup mengakibatkan suatu negara mengalami kesulitan dalam mempercepat proses pembangunannya.

Cara Mengatasi Ledakan Penduduk

Terdapat beberapa upaya yang sanggup dilakukan untuk mengatasi imbas ledakan penduduk, di antaranya:

1) melakukan kegiatan Keluarga Berencana (KB), yaitu mengendalikan pertumbuhan penduduk melalui cara pengendalian kelahiran;

2) menggalakan kegiatan transmigrasi;

3) meningkatkan kualitas sumber daya insan sehingga kemampuannya bekerja untuk membangun dirinya menjadi lebih baik;

4) memperluas lapangan kerja;

5) pengiriman tenaga kerja ke negara tetangga.