Pengertian Bank Dunia Dan Tujuannya Sebagai Tubuh Kerajasama Ekonomi Internasional Multilateral

Pembahasan kali ini akan membahas perihal tubuh kerjasama ekonomi internasional, kolaborasi ekonomi internasional, kolaborasi ekonomi regional, kerjasama ekonomi regional, kerjsama multilateral, tubuh kerjasama ekonomi internasional,  badan kerjasama ekonomi regional, tubuh kerjasama regional dan pola kerja sama, pola kerjasam multillateral, bentuk kerjasama multilateral, kerjasama bilateral, multilateral dan bisnis kerjasama.

Bank Dunia sebagai Badan Kerja Sama Multilateral

Pengertian Bank Dunia yaitu tubuh dunia yang membantu suatu negara dalam mengentaskan kemiskinan dan memperbaiki kehidupan masyarakat.

Badan ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 menurut komitmen Konferensi Bretton Woods dan resmi beroperasi pada tanggal 25 Juni 1946.

Badan ini bertugas membantu negara-negara yang rusak akhir perang dengan memperlihatkan pinjaman kebijakan dan pendanaan.

Tujuan Bank Dunia adalah:
  • Membantu perbaikan dan pendanaan pembangunan negara anggota, 
  • Mempromosikan investasi swasta abnormal dengan memperlihatkan jaminan pinjaman yang berkaitan dengan investasi, 
  • Mempromosikan pinjaman jangka panjang dalam perdagangan antarnegara dan 
  • menyeleksi jadwal penting berkaitan dengan investasi swasta asing. 
Pembahasan kali ini akan membahas perihal tubuh kerjasama ekonomi internasional Pengertian Bank Dunia dan Tujuannya sebagai Badan Kerajasama Ekonomi Internasional multilateral
Bank Dunia
Dalam menjalankan tugasnya, Bank Dunia mempunyai forum keuangan sebagai berikut.

a) International Bank for Reconstruction and Development (IBRD)

International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) yaitu tubuh dunia dalam bidang perbankan untuk pembangunan dan kemajuan negara berkembang. Badan ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 dan mulai beroperasi tanggal 6 Juni 1946.

IBRD mempunyai tujuan memperlihatkan pinjaman dalam jangka panjang dan jangka pendek bagi negara yang sedang membangun, memberi pinjaman teknik secara cuma-cuma, serta meningkatkan perdagangan internasional.

b) International Development Association (IDA)

International Development Association (IDA) atau Asosiasi Pembangunan Internasional yaitu tubuh dunia yang menangani bidang pembangunan, berdiri pada tanggal 15 September 1960.

IDA bertujuan memajukan pembangunan ekonomi, meningkatkan produktivitas, dan menaikkan standar hidup negara-negara anggota yang kurang maju.

Selain itu, IDA memperlihatkan hibah atau pinjaman untuk melakukan pembangunan proyek bagi negara miskin. Misalnya, proyek air bersih, penanggulangan wabah penyakit, dan mengurangi efek rumah kaca.

c) Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA)

negara-negara berkembang.

Misalnya mendirikan pabrik atau perusahaan, pembangunan jalan, bendungan, dan pembangkit listrik.

Investasi modal mempunyai tujuan mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negara-negara sedang berkembang. Selain itu, MIGA juga mempromosikan investasi eksklusif ke negara-negara yang sedang berkembang.

d) International Financial Corporation (IFC)

International Financial Corporation (IFC) yaitu tubuh dunia dalam bidang keuangan yang memperlihatkan pinjaman modal kepada sektor swasta.

Badan ini berdiri pada tahun 1956 dengan tujuan memajukan pembangunan ekonomi negara-negara berkembang melalui pemberian modal guna mendorong pertumbuhan sektor swasta, membantu swasta mengalokasikan dana di pasar uang dunia, serta menyediakan pinjaman teknik dan analisis bagi dunia perjuangan dan pemerintah.

e) International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID)

International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID) atau Asosiasi Internasional untuk Penyelesaian Perselisihan Investasi atau Internasional dibuat pada tahun 1966.

Badan ini bertugas untuk menuntaskan perselisihan investasi atau penanaman modal antara pemerintah dan negara asing.