Pengertian, Cara Dan Tumpuan Menyunting Karangan Dengan Berpedoman Pada Ketepatan Ejaan

Pembahsan kali ini yakni perihal cara menyunting karangan dilengkapi dengan misalnya secara lengkap, menyunting karangan narasi dan menyunting karangan berpola deduktif dan induktif.

Pengertian menyunting karangan

Kalian tentu mengenal profesi editor, bukan? Ya, editor adalah seseorang yang bertugas mengedit. Kegiatan mengedit artinya meneliti lalu melaksanakan seleksi jikalau ada bab yang perlu dihilangkan atau ditambah.

Istilah mengedit dipadankan dengan kata menyunting dalam bahasa Indonesia. Kata editor dipadankan dengan kata penyunting atau penyelia.

Seorang penyunting membutuhkan keahlian, ketelitian, dan pengetahuan yang cukup perihal bahasa Indonesia. Bagaimana, tertarik untuk menjadi seorang penyunting?

Cara menyunting (Edit) Karangan

Berikut ini hal-hal yang harus disunting pada sebuah teks dalam bahasa Indonesia.

1. Ejaan

Penyuntingan perihal ejaan berpedoman pada Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemakai bahasa yakni kesalahan penulisan abjad kapital dan pemakaian tanda baca.
Pembahsan kali ini yakni perihal cara menyunting karangan dilengkapi dengan misalnya sec Pengertian, Cara dan Contoh Menyunting Karangan dengan Berpedoman pada Ketepatan Ejaan
Gambar: Contoh Menyunting Karangan

Contoh:

Penulisan Sebelum Penyuntingan
Presiden melantik gubernur Mardiyanto menjadi mendagri. Paduka Sinuwun Pakubuwono ke - XIII berkenan hadir dalam pertemuan itu.

Penulisan Setelah Penyuntingan
Presiden melantik Gubernur Mardiyanto menjadi Mendagri. Paduka Sinuwun Pakubuwono XIII berkenan hadir dalam pertemuan itu.

2. Keefektifan Kalimat

Kalimat disebut efektif apabila mempunyai struktur yang tepat sehingga makna kalimatnya gampang dipahami dan tidak menjadikan penafsiran yang tidak sesuai dengan maksud penutur kalimat.

Contoh:

Penulisan Sebelum Penyuntingan
Lomba melukis pelajar akan dilaksanakan pada hari Minggu. Menurut para pakar sejarah mengatakan bahwa Candi Borobudur dibangun pada masa Kerajaan Syailendra.

Penulisan Setelah Penyuntingan
Lomba melukis untuk pelajar akan dilaksanakan pada hari Minggu. Menurut pakar sejarah, Candi Borobudur dibangun pada masa Kerajaan Syailendra.

3. Pemilihan Kata

Sinonim dalam bahasa Indonesia tidak berlaku mutlak, artinya meski sebuah kata mempunyai arti yang hampir sama bukan berarti dapat saling bertukar tempat. Oleh alasannya itu, pemakaian kata harus membertimbangkan ketepatan pemilihan kata atau diksi.

Contoh:

Penulisan Sebelum Penyuntingan
Di sekolah sedang diadakan perlombaan sepak bola antarkelas. Kepada penceramah, seorang penerima mempertanyakan bantuan dana yang telah digulirkan pemerintah.

Penulisan Setelah Penyuntingan
Di sekolah sedang diadakan pertandingan sepak bola antar kelas. Kepada penceramah, seorang penerima menanyakan bantuan dana yang telah digulirkan pemerintah.