Pengertian, Ciri-Ciri Dan Macam-Macam Jenis Kingdom Animalia (Hewan) Beserta Misalnya Lengkap

Berikut ini yaitu pembahasan perihal kingdom animalia yang maliputi Kingdom animalia, ciri ciri Kingdom animalia, teladan Kingdom animalia, pengertian Kingdom animalia, macam macam Kingdom animalia, jenis jenis Kingdom animalia dan pembagian terstruktur mengenai animalia.

Ciri-ciri Kingdom Animalia

Kingdom animalia yaitu salah satu kingdom yang mempunyai anggota yang paling banyak dan bervariasi. 
Secara garis besar kingdom animalia sanggup dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu golongan vertebrata (hewan bertulang belakang) dan golongan invertebrata (hewan tak bertulang belakang. Kingdom Animalia mencakup aneka macam jenis hewan.
Ciri khas hewan yaitu tidak mempunyai klorofil, mempunyai alat gerak aktif, eukariotik, dan bersel banyak. 

Macam-macam Jenis Kingdom Animalia beserta Contohnya

Kingdom Animalia dibagi menjadi dua kelompok menurut ada atau tidak adanya tulang belakang (vertebrae).

1) Hewan tidak bertulang belakang (Avertebrata)

Ciri khas binatang Avertebrata yaitu tidak mempunyai tulang belakang. Hewan yang termasuk dalam kelompok Avertebrata merupakan binatang sederhana. Kelompok binatang ini dibedakan menjadi enam filum yaitu sebagai berikut.

a) Hewan berpori (Porifera)

Kebanyakan Porifera hidup di laut, pada permukaan tubuhnya terdapat pori-pori halus sebagai kawasan masuknya air yang bekerjasama dengan sistem kanal air (spongosol). Pada kanal ini terdapat selsel leher (koanosit) yang mempunyai flagella bertugas meng-gerakkan air dan menangkap makanan. Contoh porifera yaitu Leucosolenia, Spongila, Euplectella, dan Euspongia.

b) Hewan berongga (Coelenterata)

Tubuh Coelenterata berongga dengan verbal umumnya terletak di belahan atas yang dikelilingi oleh tentakel (lenganlengan peraba). Bentuk tubuhnya ada yang menempel di dasar perairan (disebut polip) dan ada yang hidup bebas berenang di perairan (disebut medusa). Contoh Coelenterata antara lain Hydra, Obelia, Aurellia aurita, Acropora, aneka macam jenis binatang karang, dan anemon laut.

c) Hewan cacing (Vermes)

Tubuh Vermes berbentuk memanjang yang pipih, gilig, atau beruas-ruas. Cacing ada yang hidup bebas dan ada yang benalu pada badan insan dan hewan. Perhatikan teladan binatang cacing berikut ini.
  1. Taenia solium (cacing pita babi), hidup sebagai benalu di usus babi dan sanggup menular ke manusia.
  2. Fasciola hepatica (cacing hati), hidup sebagai benalu pada hati domba.
  3. Wuchereria bancrofti, penyebab penyakit kaki gajah.
  4. Ascaris lumbricoides (cacing perut), hidup sebagai benalu di perut manusia.
  5. Lumbricus terestris (cacing tanah), sanggup membantu menggemburkan tanah pertanian.
  6. Eunice viridis (cacing wawo), hidup di maritim Maluku yang sanggup dimakan.
  7. Hirudo medicinalis (lintah), sering menempel di kulit insan atau binatang untuk menghisap darah.

d) Hewan lunak (Mollusca)

Mollusca mempunyai badan yang lunak dan sanggup mensekresikan lendir. Umumnya badan dilindungi oleh cangkang yang keras. Mollusca sanggup hidup di air laut, air tawar, dan di daratan.

Contohnya Mollusca yaitu Achatina fulica (bekicot), Lymnea javanica (siput air tawar). Loligo fulii (cumi-cumi), Sephia officinalis (sotong), Octopus (gurita), Ostrea (kerang), Pinctada margaritifera (tiram mutiara), dan Tridacna gigas (kima).

e) Hewan berkaki beruas-ruas (Arthropoda)

Tubuh dan kaki Arthropoda beruas-ruas. Tubuhnya terdiri atas kepala, dada, dan perut. Pada beberapa jenis kelapa dan dada menyatu yang disebut sefalotoraks.

Pada kulit terdapat rangka luar dari zat kitin. Arthropoda mencakup kelompok udang-udangan, serangga, laba-laba, dan lipan. Coba kau sebutkan teladan binatang yang termasuk Arthropoda!

f) Hewan berkulit duri (Echinodermata)

Echinodermata hidup di laut. Tubuhnya diliputi oleh kerangka luar dari lempengan kapur yang membentuk duri-duri kecil. Hewan ini mempunyai sistem kanal air yang bekerjasama dengan alat geraknya yang disebut kaki ambulakral. Echinodermata dibedakan menjadi lima kelompok yaitu bintang laut, landak laut, bintang luar, lilia laut, dan teripang.

2) Hewan bertulang belakang (Vertebrata)

Ciri khas binatang Vertebrata yaitu mempunyai tulang belakang sebagai sumbu utama tubuh. Mempunyai kerangka dalam (endoskeleton) berupa tulang-tulang rangka.

Sistem organ menyerupai sistem pernapasan, peredaran darah, koordinasi, dan pencernaan berkembang lebih maju dibandingkan binatang Avertebrata. Kelompok binatang ini dibedakan menjadi lima kelas, yaitu Pisces (berbagai jenis ikan bertulang keras dan bertulang rawan), Ampibia (berbagai jenis katak dan salamander), Reptilia (hewan melata yaitu aneka macam jenis ular, kadal, buaya, dan kurakura), Aves (unggas dan aneka macam jenis burung), dan Mamalia (berbagai jenis binatang menyusui).