Pengertian, Ciri-Ciri Dan Teladan Peninggalan Hasil Kebudayaan Zaman Megalitikum

Berikut ini ialah pembahasan perihal zaman megalitikum yang mencakup pengertian Zaman Megalithikum, ciri ciri Zaman Megalithikum, peninggalan Zaman Megalithikum, hasil kebudayaan Zaman Megalithikum, hasil kebudayaan megalitikum, alat alat insan purba pada zaman batu, hasil kebudayaan zaman logam, peninggalan zaman logam.

Pengertian Zaman Megalitikum

Megalithikum atau zaman watu besar diperkirakan berkembang semenjak zaman watu muda hingga zaman logam. 

Ciri-ciri Zaman Megalitikum

Ciri utama pada zaman megalithikum ialah insan yang hidup pada zamannya sudah bisa menciptakan bangunan-bangunan besar yang terbuat dari batu.

Banyak terdapat bangunan-bangunan besar terbuat dari watu ditemukan khususnya yang berkaitan dengan iktikad mereka menyerupai sarkofagus, kubur batu, punden berundak, arca, menhir, dan dolmen.

Contoh Peninggalan Hasil Kebudayaan Zaman Megalitikum

Berikut merupakan hasil kebudayaan Megalithikum beserta ciri dan fungsinya serta tempat ditemukannya.
  1. Sarkofagus; benda ini berupa watu utuh yang terdapat tutupnya, fungsinya sebagai keranda penyimpan mayat, banyak ditemukan di tempat Bali.
  2. Menhir; benda ini mempunyai ciri-ciri menyerupai tugu atau tiang watu yang tungga atau kelompok, fungsinya sebagai tempat pemujaan. Adapun tempat ditemukannya di Paseman Sumatra Selatan dan Sulawesi Tengah.
  3. Dolmen; benda ini berupa meja yang terbuat dari watu fungsinya sebagai tempat sesajen. Adapun tempat ditemukannya di Cipari Kuningan, Pasemah dan Nusa Tenggara.
  4. Punden berundak-undak; benda ini berupa susunan watu bertingkat yang berfungsi sebagai tempat pemujaan, ditemukan di Lebak Sibedug dan Bukit Hyang Jawa Timur.
  5. Arca Batu; benda ini berupa patung insan dan hewan yang berfungsi sebagai bentuk penghormatan terhadap tokoh yang disukai, ditemukan di tempat Lampung, Pasemah, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  6. Pandhusa; benda ini berupa meja watu yang kakinya tertutup rapat berfungsi sebagai kuburan, ditemukan di Bondowoso dan Besuki Jawa Timur.

Perbedaan Karakteristik Zaman Batu

Berdasarkan uraian di atas, karakteristk zaman watu sanggup dipetakan sebagai berikut.
Berikut ini ialah pembahasan perihal zaman megalitikum yang mencakup pengertian Zaman Meg Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Peninggalan Hasil Kebudayaan Zaman Megalitikum
Tabel: Perbedaan Karakteristik Zaman Batu

Baca juga: Peninggalan Zaman Neolitikum