Pengertian Dan Macam-Macam Rujukan Gymnospermae (Tumbuhan Biji Terbuka) Dan Angiospermae (Tumbuhan Biji Tertutup)

Berikut ini ialah pembahasan perihal pengertian Gymnospermae, macam macam Gymnospermae, pola flora Gymnospermae, flora biji terbuka, pengertian Angiospermae, macam macam Angiospermae, pola Angiospermae, flora biji tertutup.

Tumbuhan Berbiji

Dalam dunia tumbuhan, secara umum digolongkan menjadi flora berbiji dan flora tak berbiji. Pada kesempatan kali ini akan dibahas perihal flora berbiji.

Gymnospermae (Tumbuhan Biji Terbuka)

Nama Gymnospermae (dari bahasa Yunani: gymnos (telanjang) dan sperma (biji) atau flora berbiji terbuka merupakan kelompok flora berbiji yang bijinya tidak terlindung dalam bakal buah (ovarium).
Gymnospermae disebut juga flora biji telanjang alasannya ialah bakal bijinya tidak dilindungi daun buah. Bakal biji tersusun dalam bentuk kerucut yang dinamakan strobilus.

Tumbuhan golongan Gymnospermae memiliki sistem perakaran tunggang. Batang Gymnospermae berkayu dengan sistem pengangkutan berupa xilem dan floem. Contoh anggota Gymnospermae: Cycas revoluta, Ginkgo biloba, dan Gnetum gnemon
Berikut ini ialah pembahasan perihal pengertian Gymnospermae Pengertian dan Macam-macam Contoh Gymnospermae (Tumbuhan Biji Terbuka) dan Angiospermae (Tumbuhan Biji Tertutup)
Gambar: Contoh Anggota Gymnospermae

Angiospermae (Tumbuhan Biji Tertutup)

Nama Angiosperma berasal dari bahasa Yunani angeion, yang berarti wadah, dan sperma, yang berarti benih, menyerupai tumbuhan berbunga bereproduksi dengan berbagi benih tertutup.
Tumbuhan golongan ini ada yang memiliki sistem perakaran tunggang dan ada yang serabut. Batang flora berbiji tertutup memiliki sistem pengangkutan berupa xilem dan floem.

Alat perkembangbiakan flora ini berupa bunga. Angiospermae memiliki biji yang terlindungi oleh daun buah sehingga disebut flora berbiji tertutup.

Berdasarkan keping bijinya, Angiospermae dibedakan menjadi dua golongan, yaitu kelas Dicotyledoneae (dikotil/biji keping dua) dan kelas Monocotyledoneae (monokotil/biji keping satu). Contoh Angiospermae: anggrek, kembang merak, dan tumbuhan pisang.
Berikut ini ialah pembahasan perihal pengertian Gymnospermae Pengertian dan Macam-macam Contoh Gymnospermae (Tumbuhan Biji Terbuka) dan Angiospermae (Tumbuhan Biji Tertutup)
Gambar: Contoh Anggota Angiospermae

Demikian pembahasan perihal pengertian Gymnospermae, macam macam Gymnospermae, pola flora Gymnospermae, flora biji terbuka, pengertian Angiospermae, macam macam Angiospermae, pola Angiospermae, flora biji tertutup.