Pengertian Dan Fungsi Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral Dan Air

Berikut ini merupakan pembahasan perihal masakan dan kesehatan, fungsi karbohidrat, fungsi protein, fungsi mineral, fungsi lemak, fungsi air, pengertian karbohidrat, pengertian protein, kandungan karbohidrat, kandungan protein, kandungan mineral, fungsi vitamin.

Makanan dan Kesehatan

Makanan yang kau butuhkan ialah masakan yang cukup mengandung gizi, yaitu mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

a. Karbohidrat

Karbohidrat tersusun oleh atom karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O) dengan kompleksitas yang berbeda. Contoh sumber karbohidrat ialah gula dan zat tepung.

Zat gula banyak terdapat dalam bentuk glukosa, fruktosa, sukrosa, dan laktosa. Glukosa dan fruktosa terdapat dalam buah-buahan dan sayuran, sukrosa terdapat dalam gula putih, dan laktosa terdapat dalam susu. Zat tepung sanggup diperoleh dari nasi, kentang, ubi, ketela, gandum, dan sagu.

Fungsi Karbohidrat

Fungsi karbohidrat ialah sebagai sumber energi. Pembakaran satu gram karbohidrat menghasilkan energi 4,1 kilokalori (1 kilokalori = 4,2 kilojoule). Energi ini diharapkan untuk tumbuh, bergerak, mempertahankan suhu tubuh, dan berkembang biak.

Energi yang diharapkan oleh setiap orang per harinya berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, kegiatan, berat badan, dan usia.

Jika kau makan karbohidrat yang berlebihan, kelebihan ini akan disimpan dalam bentuk lemak di tempat perut, di sekeliling ginjal, jantung, dan di bawah kulit, sehingga tubuh menjadi gemuk.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal masakan dan kesehatan Pengertian dan Fungsi Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral dan Air
Gambar: Sumber Karbohidrat dan Protein

b. Protein

Protein merupakan rantai panjang (polimer) asam amino. Asam amino terdiri dari atom karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N), dan kadang kala sulfur (S).
Berdasarkan asalnya, protein dibedakan menjadi protein nabati dan protein hewani. Protein nabati diperoleh dari tumbuhan, contohnya tahu, tempe, kecap, dan kacang-kacangan.

Protein hewani diperoleh dari binatang contohnya ikan, udang, keju, cumi-cumi, udang, dan telur. Protein hewani mengandung asam amino yang lebih lengkap daripada protein nabati.

Kekurangan protein mengakibatkan pertumbuhan terhambat, sedangkan kelebihan protein akan diubah menjadi senyawa nitrogen yang dibuang melalui ginjal.

Fungsi Protein

Fungsi protein dalam tubuh antara lain sebagai berikut.

a. Mengganti sel-sel yang telah rusak.

b. Membentuk enzim dan hormon.

c. Mengatur proses di dalam tubuh.

d. Sebagai sumber energi. Pembakaran 1 gram protein menghasilkan energi 4,1 kilokalori.

c. Lemak

Sumber materi masakan yang mengandung lemak contohnya kelapa, kacang, minyak kedelai, dan mentega. Lemak juga dibedakan menjadi lemak nabati dan lemak hewani.

Lemak binatang banyak mengandung kolesterol. Di dalam tubuh, kolesterol dipakai untuk menyusun membran sel dan hormon.

Kelebihan kolesterol akan mengakibatkan endapan di dinding pembuluh darah, sehingga tekanan darah menjadi tinggi. Lemak dari flora tidak mengandung kolesterol.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal masakan dan kesehatan Pengertian dan Fungsi Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral dan Air
Gambar: Sumber Lemak

Fungsi Lemak

Fungsi lemak dalam tubuh antara lain sebagai berikut.

1) Pelarut vitamin A, D, E, dan K.

2) Sumber energi, pembakaran 1 gram lemak menghasilkan energi 9,3 kilokalori.

3) Pelindung tubuh dari tabrakan dan benturan serta suhu yang ekstrim.

4) Sebagai cadangan makanan.

d. Vitamin dan Mineral

Vitamin diharapkan dalam proses metabolisme dalam tubuh. Oleh sebab itu masakan yang kau konsumsi setiap hari harus mengandung vitamin dalam jumlah yang cukup. Kekurangan vitamin sanggup mengakibatkan penyakit avitaminosis.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal masakan dan kesehatan Pengertian dan Fungsi Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral dan Air
Gambar: Sumber Vitamin

Vitamin dan Mineral merupakan dua hal yang sering kita dengar.
Mineral adalah kelompok mikronutrien bagi tubuh. Artinya, zat gizi ini hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk mendukung proses tumbuh dan kembangnya tubuh kita.
Banyak yang menganggap bahwa vitamin sama dengan mineral. Padahal dalam struktur kimia kedua nutrisi ini mempunyai bentuk yang berbeda sekali pun mempunyai beberapa fungsi yang hampir sama.

Secara umum, mineral terbagi menjadi 2 macam, yaitu makro mineral dan mikro mineral.
Makro mineral ialah mineral yang ada di dalam tubuh lebih dari 0.01% dari berat tubuh dan dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah lebih dari 100 mg/hari ibarat Ca (kalsium), P (fosfor), Na (natrium), K (kalium), Cl (klorida), dan S (sulfur).
Mineral mikro terdapat dalam tubuh kurang dari 0.01% berat tubuh dan hanya dibutuhkan dalam jumlah kurang dari 100 mg/hari ibarat besi (Fe), tembaga (Cu), iodine (I2), zinc (Zn), kobalt (Co), dan Se (selenium).

e. Air

Sebenarnya, air tidak termasuk zat gizi dalam makanan. Namun demikian, air merupakan materi yang sangat penting bagi tubuh insan sehingga kebutuhannya harus terpenuhi. Kebutuhan air diperoleh secara eksklusif dari air minum dan dari air yang terkandung dalam masakan dan buah-buahan.

Fungsi Air

Fungsi air pada tubuh, antara lain sebagai berikut.

1) Sebagai pelarut materi organik dan anorganik dalam tubuh.

2) Pembawa zat-zat yang dibutuhkan dan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

3) Mendukung terjadinya reaksi kimia dalam tubuh.

4) Mempertahankan keseimbangan suhu tubuh.

5) Bagian terbesar dari lendir yang dikeluarkan tubuh.

6) Membentuk cairan tubuh.

Kamu harus minum air minimal 8 gelas atau sekitar 2 – 2,5 liter dalam sehari. Selain diperoleh dari air minum, kebutuhan air juga dipenuhi dari makanan. Jika tubuh sering kekurangan air sanggup mengakibatkan gangguan ginjal.