Pengertian Dan Jenis-Jenis Rujukan Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Pada artikel kali ini kita akan membahas materi kelangkaan sumber daya ekonomi mencakup pengertian kelangkaan sumber daya, kelangkaan sumber daya ekonomi, referensi kelangkaan sumber daya, pengertian kelangkaan, sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, referensi kelangkaan sumber daya modal, artikel kelangkaan sumber daya alam, sumber daya alam yg tdk dpt diperbaharui,  dan jenis jenis kelangkaan sumber daya ekonomi.


Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Ilmu ekonomi intinya merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana insan memenuhi kebutuhannya dengan sumber daya yang langka. Oleh lantaran itu, inti persoalan dalam ilmu ekonomi ialah adanya kelangkaan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Pengertian Kelangkaan

Konsep kelangkaan dalam ilmu ekonomi diartikan sebagai suatu keadaan ketika insan ingin mengonsumsi suatu barang atau jasa lebih banyak daripada jumlah barang dan jasa yang tersedia. Dengan demikian, kelangkaan bukan berarti barang tersebut tidak ada, melainkan adanya kesenjangan antara kebutuhan dan jumlah barang yang tersedia.
Jadi, kelangkaan ialah kesenjangan antara kebutuhan dan jumlah barang yang tersedia.

Kamu mungkin pernah melihat atau mendengar di media masa ternyata masih ada penduduk di dunia yang terkena peristiwa kelaparan menyerupai yang terjadi di Ethiopia, bahkan di Indonesia kepingan timur beberapa waktu kemudian sempat terjadi peristiwa kelaparan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Salah satu penyebabnya ialah lantaran adanya kelangkaan alat pemuas kebutuhan yang disebabkan oleh pertambahan kebutuhan insan yang lebih cepat dibanding dengan pertambahan alat pemuas kebutuhan. Menurut Thomas Robert Malthus, pertumbuhan penduduk cenderung melampaui pertumbuhan persediaan makanan.

Jenis-jenis Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Adanya keterbatasan alat pemuas kebutuhan insan disebabkan oleh adanya keterbatasan pula dalam sumber daya ekonomi. Sumber daya ekonomi yang lebih dikenal juga dengan sebutan faktor faktor produksi ini jumlahnya terbatas sehingga untuk memperolehnya dibutuhkan pengorbanan.

Kelangkaan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam sebagai salah satu sumber daya ekonomi keberadaannya memang sudah ada di alam. Namun, untuk sanggup dipakai harus melalui proses produksi terlebih dahulu. Secara kasatmata, sumber daya alam tampaknya berjumlah banyak dan sanggup dimanfaatkan secara optimal. Namun pada kenyataannya, sumber daya alam yang tersedia kian hari kian berkurang jumlahnya lantaran terus-menerus digunakan.

Cotohnya, sumber daya alam berupa minyak bumi. Penggunaan minyak bumi secara terus-menerus menjadikan jumlah persediaan minyak bumi semakin menipis. Hal ini berdampak pada adanya kelangkaan materi bakar minyak. Kelangkaan materi bakar minyak ini kini sangat dirasakan oleh kita semua.

Kelangkaan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Sumber daya ekonomi lainnya ialah sumber daya manusia. Sumber daya manusia
merupakan sumber daya yang mendatangkan manfaat besar bagi masyarakat kalau penggunaan kemampuannya dimanfaatkan secara optimal.

Sumber daya insan yang dianggap langka ialah sumber daya insan yang berkualitas. Jika dilihat menurut jumlahnya, Indonesia mempunyai sumber daya insan yang banyak. Akan tetapi, yang benar-benar berkualitas jumlahnya sangat sedikit apabila dibandingkan dengan jumlah kebutuhan di pasar tenaga kerja. Oleh lantaran itu, banyak perusahaan yang memakai jasa hebat dari luar negeri.

Kelangkaan Sumber Daya Modal

Sumber daya modal merupakan salah satu referensi sumber daya ekonomi. Sumber daya modal ini sanggup berupa uang, teknologi, mesin-mesin, dan sebagainya. Adanya kelangkaan sumber daya modal tentu saja menciptakan negara kita harus mendatangkan sumber daya tersebut dari luar negeri.

Sebagai contoh, Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah. Akan tetapi, lantaran ketersediaan teknologi pengolahannya terbatas, terpaksa Indonesia harus bekerja sama dengan pihak luar negeri untuk mengolah sumber daya alam tersebut.

Contohnya, pengolahan tambang emas di Irian Jaya oleh PT Freeport. Adanya banyak sekali kelangkaan pada sumber daya ekonomi, terutama sumber daya alam, mendorong insan baik individu maupun masyarakat melaksanakan efisiensi sehingga apa yang dilakukan dalam acara produksi mendatangkan keuntungan.

Dengan demikian, sanggup disimpulkan bahwa kelangkaan muncul lantaran adanya keterbatasan sumber daya ekonomi, sedangkan kebutuhan insan jumlahnya tidak terbatas.

Baca juga: Faktor Pendorong Kebutuhan