Pengertian Dan Karakteristik (Ciri-Ciri) Pasar Persaingan Tepat Beserta Contohnya

Berikut ini yaitu pembahasan ihwal salah satu jenis pasar menurut strukturnya yaitu pasar persaingan tepat yang mencakup pengertian pasar persaingan sempurna, ciri ciri pasar persaingan sempurna, pola pasar persaingan sempurna, karakteristik pasar persaingan sempurna.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Apakah yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna?
Pasar persaingan sempurna yaitu pasar kawasan interaksi antara undangan dan penawaran terjadi dengan jumlah yang tidak terbatas. Harga yang terbentuk merupakan harga yang benar-benar mencerminkan harapan produsen dan konsumen. 

Karakteristik dan Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

Ciri-ciri pasar persaingan tepat sebagai berikut.

  1. Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak. Oleh lantaran itu, produsen atau konsumen tidak sanggup memengaruhi harga pasar. Harga pasar terbentuk murni hasil interaksi undangan dan penawaran. Produsen hanya sanggup mendapatkan harga pasar.
  2. Barang yang dijual bersifat homogen. Barang yang dihasilkan benar-benar sama dalam segala hal. Tidak terdapat perbedaan yang faktual di antara barang yang dijual.
  3. Pembeli maupun penjual bebas untuk keluar masuk pasar. Selama memungkinkan masih sanggup menerima keuntungan, baik penjual maupun pembeli boleh masuk ke dalam pasar.
  4. Informasi ihwal pasar diketahui dengan sempurna. Penjual dan pembeli mengetahui dengan tepat info mengenai harga jual, biaya produksi, kualitas barang, dan lain-lain.
  5. Bebas dari campur tangan pemerintah. Pemerintah tidak mempunyai wewenang dalam menetukan harga di pasar lantaran harga ditentukan oleh undangan dan penawaran yang terjadi di pasar.
Berikut ini yaitu pembahasan ihwal salah satu jenis pasar menurut strukturnya yaitu Pengertian dan Karakteristik (Ciri-ciri) Pasar Persaingan Sempurna beserta Contohnya
Gambar: Contoh Pasar Persaingan Sempurna


Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Dalam kenyataannya ketika ini, pasar persaingan tepat tidak pernah ada. Hal ini disebabkan asumsi-asumsi yang menjadi syaratnya sangat sulit untuk dipenuhi dalam kondisi ketika ini.

Namun, ada pasar yang mendekati pasar persaingan sempurna, di antaranya pasar ikan, pasar beras, pasar sayur-sayuran.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Pasar