Pengertian Dan Macam-Macam Jenis Pola Pesawat Sederhana Katrol Serta Prinsip Kerja Katrol

Berikut ini merupakan pembahasan ihwal pengertian katrol, prinsip kerja katrol, laba mekani katrol, macam macam katrol, jenis jenis katrol, pola katrol tetap, katrol tetap, contohh katrol majemuk, katrol bebas, pola katrol bebas.

Sebelum air diperoleh melalui pengolahan Perusahaan Air Minum, hampir semua orang memperoleh air dari sumber mata air yang disebut sumur.

Bahkan, hingga kini di beberapa desa, sumur masih gampang dijumpai. Untuk mempermudah pengambilan air dari dalam sumur, digunakanlah alat yang termasuk jenis pesawat sederhana, yaitu katrol.

Prinsip kerja katrol ialah mengubah arah gaya sehingga kerja yang dilakukan menjadi lebih mudah. Berdasarkan jumlah katrol yang digunakan, pesawat sederhana dibedakan menjadi sistem katrol tunggal, sistem katrol ganda, dan sistem katrol banyak (takal).

Selain itu, sistem katrol juga sanggup dibedakan menurut geraknya, yaitu katrol tetap dan katrol bebas. Pada sistem katrol tetap, katrol tidak sanggup begerak naik turun, tetapi hanya berputar pada porosnya. Sedangkan, pada sistem katrol bebas, selain berputar pada porosnya katrol pun sanggup bergerak naik turun.
Berikut ini merupakan pembahasan ihwal pengertian katrol Pengertian dan Macam-macam Jenis Contoh Pesawat Sederhana Katrol serta Prinsip Kerja Katrol
Gambar: Contoh Pesawat Sederhana Katrol

Contoh Soal Katrol

Sebuah katrol sistem banyak mempunyai tiga buah tali. Katrol ini dipakai oleh para tukang bangunan untuk menaikkan materi yang akan dipakai di lantai atas. Jika beban yang diangkat beratnya 900 N, tentukanlah:
a. laba mekanis yang diperoleh
b. kuasa yang diperlukan

Penyelesaian:
Diketahui: ω = 900 N ; banyak tali = 3 ditarik dari atas

Ditanya: (a) KM ; (b) F

Jawab :
a. Karena katrol ditarik dari bawah, maka katrol tersebut mempunyai tarikan ke bawah, sehingga KM = banyaknya tali = 3 – 1 = 2

b. Kuasa yang diperlukan:
KM = w/F
F = w/KM
   = 900N/2
   = 450 N
Jadi, laba mekanis katrol ialah 2 dan kuasa yang diperlukannya 450 N.