Pengertian Dan Macam-Macam Pola Alat Optik

Berikut ini yaitu pembahasan perihal pengertian alat optik, macam macam alat optik, pola alat optik, jenis jenis alat optik.

Coba kau perhatikan orang yang sedang melaksanakan pengamatan dengan memakai mikroskop. Orang tersebut memakai matanya dan mikroskop untuk mengamati objek penelitiannya.

Mata dan mikroskop merupakan alat-alat optik. Apa yang dimaksud dengan alat optik? Apa fungsi dari masing-masing alat optik tersebut? Ayo pelajari pembahasan ini untuk menemukan jawabannya.

Pengertian Alat Optik

Alat optik yaitu alat yang bekerja menurut pada sifat cahaya sebagai gelombang elektromagnetik, di antaranya yaitu pemantulan dan pembiasan. 
Berikut ini yaitu pembahasan perihal pengertian alat optik Pengertian dan Macam-macam Contoh Alat Optik
Bagan: Macam-macam Alat Optik

Macam-macam Contoh Alat Optik

Setelah memahami pengertian alat optik, berikut ini yaitu beberapa pola alat optik yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari kita.

1. Mata

Alat optik yang terpenting yaitu mata. Dengan mata, kita sanggup melihat benda di sekitar. Pada pembahasan sebelumnya, mata sanggup melihat sebuah benda alasannya adanya pantulan berkas cahaya dari sebuah benda yang menuju mata.

Pada mata terdapat lensa yang berfungsi untuk mengatur bayangan benda supaya sempurna jatuh di retina. Karena mata bekerja menurut pada prinsip pembiasan lensa, maka mata yaitu sebuah alat optik.

Baca selengkapnya perihal Bagian-bagian mata dan macam-macam cacat mata.

2. Lup (Kaca Pembesar)

Jika kita perhatikan, buku telepon (Yellow Pages) ditulis dengan ukuran abjad yang sangat kecil. Untuk sanggup membacanya, maka kita harus meletakkan mata kita sedekat mungkin dengan buku tersebut supaya diperoleh sudut pandang yang sebesar-besarnya dan mata berakomodasi maksimum.

Namun, alasannya titik akrab kita berada pada jarak ± 25 cm, maka kita tidak sanggup meletakkan mata kita lebih akrab lagi. Karena itu dipakai sebuah alat optik yang memakai lensa bikonveks yang disebut lup.

Baca selengkapnya perihal Pengertian Lup (Kaca Pembesar) dan Rumus yang terkait dengannya.

3. Mikroskop

Untuk melihat benda dengan ukuran yang sangat kecil atau renik sanggup dipakai alat optik yang disebut dengan mikroskop. Mikroskop biasanya terdapat di laboratorium-laboratorium yang dipakai untuk melihat benda berukuran renik menyerupai sel, binatang bersel satu (contoh: amoeba), dan sebagainya.

Baca selengkapnya perihal Pengertian Mikroskop dan Rumus yang terkait dengannya.

4. Teleskop (Teropong)

Teropong atau teleskop yaitu alat yang dipakai untuk melihat benda-benda yang jauh supaya tampak lebih akrab dan jelas. Ada beberapa jenis teropong, yaitu teropong bintang, teropong bumi, dan teropong prisma.

Baca selengkapnya perihal Pengertian Teleskop (Teropong) dan Macam-macamnya.