Pengertian Dan Macam-Macam Pola Bentuk Proses Sosial Asosiatif

Berikut ini yakni pembahasan ihwal proses sosial asosiatif yang mencakup Proses Sosial Asosiatif, pengertian Proses Sosial Asosiatif, macam macam Proses Sosial Asosiatif, bentuk bentuk Proses Sosial Asosiatif, pola Proses Sosial Asosiatif, interaksi sosial asosiatif, kekerabatan sosial asosiatif, bentuk interaksi sosial asosiatif, pola interaksi sosial asosiatif.

Pengertian Proses Sosial Asosiatif

Menurut para sosiolog, terdapat dua jenis proses sosial yang terjadi sebagai jawaban dari interaksi sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, biasanya akan menghasilkan dua jenis proses sosial. Pertama, proses sosial yang sifatnya asosiatif, kedua, proses sosial yang sifatnya disosiatif.
Proses Sosial Asosiatif adalah kekerabatan postif yang terjadi dalam masyarakat. Proses ini bersifat membangun serta mempererat atau memperkuat kekerabatan jalinan solidaritas dalam kelompok masyarakat untuk menjadi satu kesatuan yang lebih erat. 

Macam-macam Bentuk Proses Sosial Asosiatif 

Proses sosial asosiatif terdiri dari beberapa bentuk, diantaranya adalah;

a. Kerja Sama (Cooperation)

Kerja sama yaitu suatu bentuk perjuangan bersama antara beberapa orang atau antarbeberapa forum tertentu untuk mencapai suatu tujuan bersama. Adanya kepentingan dan tujuan yang sama akan menjadi dasar lahirnya kolaborasi antara seseorang dan yang lainnya atau antara suatu kelompok dan kelompok lainnya. Kerja sama juga sanggup didorong oleh adanya serangkaian kewajiban yang ditugaskan untuk dilaksanakan secara bersama.

Baca selengkapnya: Macam-macam Bentuk Kerjasama beserta Contohnya

b. Akomodasi (Accomodation)

Akomodasi yaitu suatu proses atau upaya yang dilakukan untuk meredakan konflik atau ketegangan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca selengkapnya: Macam-macam Bentuk Akomodasi beserta Contohnya

c. Asimilasi (Accimilation)

Asimilasi yaitu suatu upaya untuk meningkatkan kesatuan tindakan, sikap, dan prosesproses mental dengan memerhatikan kepentingan dan tujuan bersama. Asimilasi biasanya ditandai dengan adanya upaya untuk mengurangi perbedaan yang terjadi antara kelompok yang bertikai.

Baca selengkapnya: Faktor-faktor Pendorong dan Penghambat Asimilasi

d. Adaptasi (Adaptation)

Adaptasi yaitu proses pembiasaan diri yang dilakukan oleh individu atau suatu kelompok yang sebelumnya mengalami konflik atau kontradiksi dalam rangka mengurangi ketegangan jawaban konflik yang terjadi.