Pengertian Dan Macam-Macam Pola Besaran Pokok Dan Besaran Turunan

Berikut ini merupakan pembahasan wacana besaran yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Pembahasan ini mencakup pengertian besaran pokok, pengertian besaran turunan, 7 besaran pokok, macam macam besaran turunan, jenis jenis besaran turunan, macam macam besaran pokok, referensi besaran turunan, referensi besaran pokok, jenis jenis besaran pokok.

Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Di pembahasan ini kita akan mempelajari bahan yang berafiliasi dengan istilah jauh-dekat, bobot, maupun cepat-lambat, panjang, massa, dan waktu serta satuannya. Selain itu, kalian juga akan mencar ilmu melaksanakan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai.

Besaran dapat dibagi menjadi besaran pokok dan besaran turunan. Apa perbedaan antara besaran pokok dengan besaran turunan? Bagaimana cara memilih besaran-besaran itu?

Pengertian Besaran Pokok

Besaran pokok ialah besaran yang tidak tergantung pada besaran-besaran yang lain. Besaran ini sanggup diukur secara pribadi dan dijadikan dasar besaran lainnya. 
Terdapat tujuh besaran pokok, yaitu panjang, massa, waktu, suhu, berpengaruh arus listrik, intensitas cahaya, dan banyak molekul zat.

Setiap besaran tersebut mempunyai satuan tertentu. Satuan yang dimiliki besaran pokok disebut satuan pokok atau satuan dasar. Satuan untuk tiap-tiap besaran pokok sanggup kalian ketahui dalam tabel berikut.
Berikut ini merupakan pembahasan wacana  Pengertian dan Macam-macam Contoh Besaran Pokok dan Besaran Turunan
Tabel: Macam-macam Contoh Besaran Pokok

Pengertian Besaran Turunan

Besaran turunan ialah besaran yang diturunkan dari besaran pokok, contohnya volume, gaya, percepatan, kecepatan, dan usaha. 
Contoh: volume = panjang × lebar × tinggi. Panjang merupakan besaran pokok, satuannya meter; lebar merupakan besaran pokok panjang dengan satuan meter; dan tinggi juga merupakan besaran pokok panjang dengan satuan meter. Jadi, satuan volume m3 (meter kubik) diturunkan dari satuan besaran panjang, yaitu m × m × m.

Macam-macam Contoh Besaran Turunan

Beberapa besaran turunan lainnya yaitu luas, kelajuan, dan massa jenis.

a. Luas

Luas mempunyai satuan m2 (meter persegi). Satuan ini turunan dari besaran pokok panjang. Luas = panjang × panjang = m × m = m2

b. Volume

Volume mempunyai satuan m3 (meter kubik). Satuan ini juga turunan dari besaran pokok panjang. Volume = panjang × panjang × panjang = m × m × m = m3

c. Kelajuan

Kelajuan (v) merupakan hasil jarak tempuh dibagi waktu tempuh (besaran waktu), dengan satuan m/s (meter per sekon).

d. Massa Jenis

Massa jenis (ρ = dibaca rho) suatu zat ialah bilangan yang menyatakan massa zat (besaran massa) itu dalam tiap satuan volumenya (dari besaran panjang).