Pengertian Dan Pola Kalimat Inversi Lengkap

Pada pembahasan kali ini yakni wacana pengertian dan definisi kalimat inversi dan dilengkapi dengan contohnya secara lengkap.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), kalimat inversi yakni pembalikan posisi, arah, susunan, dan sebagainya atau sanggup juga diartikan sebagai pembalikan susunan bab kalimat yang berbeda daro susunan yang lazim (misalnya ia makan roti menjadi makan roti ia).

Berdasarkan susunan letak predikatnya, kalimat dibedakan menjadi 2 yaitu kalimat versi dan kalimat inversi. Sebuah kalimat biasanya mempunyai pola yang berurutan yaitu Subjek (S), Predikat (P), Objek (O) dan Keterangan (K).

Kalimat dengan pola yang berurutan tersebut disebut dengan kalimat versi.  Akan tetapi ada juga kalimat yang polanya tidak sesuai dengan pola di atas yang disebut dengan kalimat inversi.

Pengertian kalimat inversi yaitu kalimat yang predikatnya terletak sebelum subjek (mendahului subjek).
Pada pembahasan kali ini yakni wacana pengertian dan definisi kalimat inversi dan dileng Pengertian dan Contoh Kalimat Inversi Lengkap
Kalimat Inversi

Contoh kalimat inversi 

Pesuruh itu bertemu dengan orang yang dicari. (kalimata versi)

Bertemulah pesuruh itu dengan orang yang dicari. (kalimat inversi)

Kalimat di atas jikalau diuraikan berdasarkan jabatannya, yaitu;
– bertemulah: predikat
– pesuruh itu: subjek
– dengan orang yang dicari: pelengkap

Contoh mengubah kalimat versi menjadi Kalimat Inversi 

Budi Santoso   berangkat  ke Jakarta  (kalimat versi)
S                        P                K
Kemudian pindahkan unsur predikat mendahului subjeknya . Subjek pada kalimat ini sanggup diganti dengan kata ganti orang ke 2 tunggal.

Berangkatlah   dia    ke Jakarta  (kalimat inversi)
P                       S            K
Makna kedua kalimat tersebut masih mempunyai makna yang sama yaitu Budi yang pergi ke Jakarta namun yang berbeda hanyalah susunanya. Pada kalimat kedua hanya menegaskan apa yang dilakukan oleh Budi.