Pengertian Dan Referensi Prinsip Ekonomi, Ciri-Ciri Serta Penerapan Prinsip Ekonomi Dalam Acara Ekonomi

Berikut ini yaitu pembahasan perihal prinsip ekonomi yang mencakup pengertian prinsip ekonomi, ciri ciri prinsip ekonomi, pola prinsip ekonomi, penerapan prinsip ekonomi, prinsip prinsip ekonomi, 10 prinsip ekonomi, prinsip prinsip ekonomi islam, suara prinsip ekonomi.

Pengertian Prinsip Ekonomi

Kamu sudah mengetahuinya dari bahasan di atas bahwa intinya inti persoalan ekonomi ialah terjadinya ketidakseimbangan antara jumlah alat pemuas kebutuhan dengan banyaknya kebutuhan insan sehingga menjadikan kelangkaan (scarcity).

Karena ada persoalan tersebut, setiap insan harus sanggup menentukan dan memanfaatkan sebaik mungkin setiap alat pemuas kebutuhan yang ada.

Kita ketahui bahwa kebutuhan insan itu sangat banyak dan mustahil seseorang sanggup memenuhi semua kebutuhannya. Dengan kata lain, dari banyak sekali kebutuhan yang ada kita harus menentukan kebutuhan yang paling penting dan bermanfaat untuk segera dipenuhi (menentukan skala prioritas kebutuhan).

Setiap orang harus melaksanakan acara ekonomi dengan perhitungan yang cermat dan matang supaya mendapat hasil sesuai dengan harapan. Untuk memperoleh hasil-hasil yang diharapkan, setiap orang harus mempunyai aliran dalam melaksanakan acara ekonomi yang disebut dengan prinsip ekonomi.
Bunyi prinsip ekonomi yaitu dengan pengorbanan tertentu, sanggup memperoleh hasil yang sebesarbesarnya (maksimal), atau dengan pengorbanan sekecil-kecilnya berusaha untuk memperoleh hasil yang tertentu.

Contoh Prinsip Ekonomi

Contohnya, Bu Diana pergi ke toko sepatu untuk membeli sepatu sekolah anaknya yang sudah rusak, harga sepatu tersebut Rp 50.000,00. Setelah hingga di toko sepatu, Bu Diana banyak melihat sandal yang ia sukai. Akan tetapi, Bu Diana hanya mempunyai uang sebesar Rp 50.000,00, sedangkan harga sandal yang ia sukai juga sebesar Rp50.000,00. Dengan demikian, ia harus bakir menentukan pilihannya dengan mengutamakan kebutuhan yang paling mendesak. Karena Bu Diana menganggap sepatu anaknya lebih penting dan mendesak, ia tetapkan untuk membeli sepatu anaknya dan menunda membeli sandal yang ia sukai.

Ciri-Ciri Prinsip Ekonomi

Terdapat beberapa ciri dari tindakan ekonomi yang didasari oleh prinsip ekonomi sebagai berikut:
  1. mengutamakan kebutuhan yang sifatnya lebih penting dan mendesak;
  2. bersikap ekonomis dan tidak boros dalam tindakannya;
  3. melakukan tindakan ekonomi dengan pertimbangan yang matang;
  4. senantiasa mempertimbangkan laba dan kerugian dari setiap tindakan ekonomi yang dilakukannya.

Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Prinsip ekonomi diterapkan menurut tujuan dan kepentingan masing-masing pelaku ekonomi. Untuk melihat penerapannya, berikut citra perihal penerapan prinsip ekonomi dalam tiga acara utama ekonomi, yakni produksi, distribusi, dan konsumsi.

a. Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Produksi

Produksi yaitu acara ekonomi untuk membuat dan menambah nilai guna suatu barang atau jasa. Pihak atau orang yang melaksanakan acara produksi disebut produsen.

Tujuan produsen melaksanakan acara produksi yaitu untuk menghasilkan keuntungan. Prinsip ekonomi yang dilakukan oleh produsen yaitu dengan pengorbanan tertentu.

Dalam hal ini faktor produksi menyerupai Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA), Modal dan Skill, dibutuhkan sanggup menghasilkan barang dan jasa yang memperlihatkan laba maksimal.

b. Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Distribusi

Distribusi yaitu acara ekonomi untuk menyalurkan barang dari produsen ke tangan konsumen untuk dikonsumsi. Pihak atau orang yang melaksanakan acara distribusi disebut distributor.

Prinsip ekonomi dalam acara distribusi yaitu bagaimana caranya semoga barang-barang yang diproduksi oleh produsen sanggup hingga ke tangan konsumen dengan harga dan biaya yang murah.

Dengan demikian, harus memakai jalur distribusi yang sempurna supaya tidak menghabiskan biaya yang besar untuk menyalurkan barang tersebut.

Misalnya, untuk kebutuhan pokok menyerupai beras kanal distribusinya dari petani ke pedagang beras, lalu pribadi ke konsumen.

c. Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Konsumsi

Konsumsi yaitu acara ekonomi untuk menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa. Pihak atau orang yang melaksanakan acara konsumsi disebut konsumen.

Kita ketahui bahwa barang dan jasa jumlahnya terbatas, sedangkan kebutuhan konsumen jumlahnya sangat banyak sehingga dengan prinsip ekonomi dibutuhkan setiap konsumen sanggup menentukan dan memanfaatkan barang dan jasa yang diperolehnya sebaik mungkin.

Baca juga: Macam-macam Motif Ekonomi