Pengertian Migrasi, Macam-Macam Jenis Migrasi Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi Penduduk

Berikut ini yaitu pembahasan ihwal mobilitas penduduk yaitu pengertian migrasi, macam macam migrasi, jenis jenis migrasi, teladan migrasi, faktor pendorong migrasi, definisi migrasi, mobilitas penduduk, faktor yang menghipnotis migrasi penduduk, faktor-faktor yang menghipnotis migrasi penduduk, pengertian mobilitas penduduk, pengertian urbanisasi, pengertian transmigrasi, pengertian emigrasi, pengertian imigrasi, pengertian mobilitas, macam macam transmigrasi, faktor menghipnotis migrasi penduduk.

Pengertian Migrasi

Tahukah kau apa artinya migrasi? Mengapa orang melaksanakan migrasi? Bagaimana dampak dari migrasi itu sendiri?
Mobilitas penduduk sanggup diartikan sebagai perpindahan penduduk dari suatu kawasan ke kawasan lain. 
Lengkapnya, migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain di lokasi geografis yang berbeda dengan tujuan menetap. 
Setiap terjadi migrasi menjadikan terjadinya perubahan tempat tinggal dari suatu lokasi geografis tertentu ke lokasi geografis lainnya.

Migrasi tidak hanya bermakna perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain, tetapi perpindahan dalam suatu negara pun dimaknai migrasi.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan klarifikasi berikut ini yang akan menguraikan ihwal jenis-jenis migrasi.
Berikut ini yaitu pembahasan ihwal mobilitas penduduk yaitu pengertian migrasi Pengertian Migrasi, Macam-macam Jenis Migrasi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Migrasi Penduduk
Gambar: Mobilitas Penduduk

Macam-macam Jenis Migrasi

Berdasarkan ruang gerak atau jangkauannya, migrasi sanggup dibagi atas dua jenis, yaitu sebagai berikut.

a) Migrasi internasional 

Migrasi internasional yaitu perpindahan penduduk antara satu negara dan negara lainnya. 
Migrasi internasional sanggup dibedakan atas tiga macam yaitu sebagai berikut.Imigrasi
  1. Imigrasi
  2. Emigrasi
  3. Remigrasi atau Repatriasi

b) Migrasi Nasional 

Migrasi Nasional yaitu perpindahan penduduk di dalam satu negara. 
Migrasi nasional terdiri atas beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.
  1. Urbanisasi
  2. Transmigrasi
  3. Ruralisasi
  4. Migrasi Musiman
  5. Migrasi Sirkuler

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Migrasi Penduduk

Adapun ihwal alasan seseorang melaksanakan migrasi tentunya bermacam-macam dan dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Secara umum, faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya migrasi sebagai berikut.
  1. Faktor ekonomi yaitu ingin memperoleh kesejahteraan yang lebih baik di tempat yang baru.
  2. Faktor pendidikan yaitu migrasi yang terjadi alasannya yaitu ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Lokasi perguruan tinggi tinggi biasanya terpusat di suatu wilayah tertentu, khususnya perkotaan.
  3. Faktor pekerjaan yaitu migrasi yang terjadi alasannya yaitu penugasan yang diberikan oleh pemimpin tempatnya bekerja.
  4. Faktor keselamatan yaitu kawasan yang sering dilanda musibah menyerupai banjir, tanah longsor, dan bencana-bencana alam lainnya. Hal itu mengakibatkan banyak penduduk di tempat tersebut yang bermigrasi ke tempat lain yang bebas dari gangguan peristiwa alam.
  5. Faktor keamanan yaitu migrasi yang terjadi akhir adanya gangguan keamanan di tempat mereka sebelumnya.
  6. Faktor politik yaitu migrasi yang terjadi alasannya yaitu adanya perbedaan politik di antara warga masyarakat.
  7. Faktor agama yaitu migrasi yang terjadi alasannya yaitu perbedaan agama sehingga sebagian penduduk merasa kurang bebas menjalankan pedoman agamanya.
  8. Faktor sosial, yaitu migrasi yang terjadi alasannya yaitu adanya tekanan-tekanan sosial dari masyarakat terhadap seseorang sehingga ia berimigrasi.
  9. Faktor kepentingan pembangunan yaitu migrasi yang terjadi alasannya yaitu suatu kawasan permukiman penduduk terkena proyek pembangunan menyerupai pembuatan jalan tol Cipularang.
Demikian pembahasan lengkap ihwal mobilitas penduduk yaitu migrasi, mulai dari pengertian migrasi, macam-macam migrasi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Migrasi Penduduk.