Pengertian Dan Rumus Cepat Rambat Gelombang Dan Panjang Gelombang Beserta Rujukan Soalnya

Berikut ini yaitu pembahasan lengkap perihal Cepat Rambat, Frekuensi, dan Panjang Gelombang yang mencakup cepat rambat gelombang, pengertian cepat rambat gelombang, rumus cepat rambat gelombang, pola soal cepat rambat gelombang, pengertian panjang gelombang, rumus panjang gelombang, pola soal panjang gelombang.

Pengertian Cepat Rambat, Frekuensi, dan Panjang Gelombang

Kamu telah mengetahui bahwa gelombang merupakan getaran yang merambat. Merambat berarti bergerak dari suatu daerah ke daerah lain dalam selang waktu tertentu.
Cepat rambat Gelombang yaitu jarak yang ditempuh gelombang dalam waktu satu detik (sekon).
Panjang gelombang yaitu sebuah jarak antara satuan berulang dari sebuah pola gelombang. Biasanya mempunyai denotasi karakter Yunani lambda (λ).
Periode gelombang adalah waktu yang dibutuhkan untuk membentuk satu gelombang dan juga melaksanakan satu kali getaran.
Jika diketahui panjang gelombang dan periodenya, sanggup ditentukan kecepatan gelombang tersebut. Panjang gelombang dilambangkan λ, dengan satuan meter, sedangkan kecepatan dilambangkan v satuannya m/s.

Rumus Panjang Gelombang dan Cepat Rambat Gelombang

Telah diketahui bahwa periode gelombang T adalah:


Dengan demikian, diperoleh hubungan antara kecepatan gelombang (v) dengan panjang gelombang λ, periode (T), dan frekuensi gelombang (f) yang dituliskan sebagai berikut.


Keterangan:
v = kecepatan gelombang (m/s)
λ = panjang gelombang (m)
T = periode (sekon)
f  = Frekuensi

Contoh Soal dan Pembahasannya

Sebuah tali dengan panjang 6 m, ujungnya digerakkan sehingga membentuk 2 puncak dan 2 lembah. Waktu yang dibutuhkan untuk membentuk 1 bukit dan 1 lembah yaitu 1,5 sekon. Hitunglah kecepatan gelombang tersebut!

Jawab:
2 puncak dan 2 lembah = 2λ, maka 2λ = 6 m atau λ = 3 m, T = 1,5 s
v = 3 m/1,5 s
v = 2 m/s

Jadi, kecepatan gelombang tersebut yaitu 2 m/s.