Pengertian Dan Sifat-Sifat Muatan Listrik Beserta Alat Ukurnya

Atom sebagai unsur penyusun zat intinya tersusun dari partikel-partikel yang sangat kecil, disebut partikel subatom. Terdapat tiga jenis partikel subatom yang penting dan perlu kita kenali, yaitu proton, neutron, dan elektron.

Pengertian Muatan Listrik

Subpartikel atom yang mempunyai sifat sama, yaitu proton dan elektron, lalu disebut sebagai muatan listrik. Muatan listrik menyerupai udara yang tidak sanggup dilihat, tetapi sanggup dirasakan.

Akibatnya, penelitian mengenai muatan listrik hanya sanggup dilakukan menurut efek reaksi yang diberikannya. Alat yang dipakai untuk mengetahui adanya muatan listrik disebut elektroskop.

Alat Pengukur Muatan Listrik

Elektroskop adalah alat yang dipakai untuk mengetahui adanya muatan listrik pada suatu benda. Salah satu jenis elektroskop yang sering dipakai ialah elektroskop daun.

Bagian penting elektroskop daun ialah sebuah tangkai logam dari bab logam kuningan dengan ujung bawah berbentuk pipih.

Pada ujung ini ditempatkan dua helai logam sangat tipis yang terbuat dari materi aluminium atau emas, biasa disebut dengan bab daun. Ujung atas berbentuk cakram atau bola yang berfungsi sebagai penghantar muatan dan kotak kaca.

Besar muatan listrik proton dan elektron ialah sama, tetapi jenisnya berbeda. Muatan listrik ini pertama kali ditemukan oleh Benjamin Franklin.

Ia lalu memperlihatkan tanda (+) atau (-) pada muatan listrik yang tak mengandung arti fisis. Jenis muatan listrik proton adalah faktual (+), neutron adalah netral, dan elektron adalah negatif (-).

Atom sebagai unsur penyusun zat intinya tersusun dari partikel Pengertian dan Sifat-sifat Muatan Listrik beserta Alat Ukurnya
Gambar: Percobaan Muatan Listrik

Pada sebuah percobaan penggaris plastik yang digosok-gosokkan pada kain wol beberapa usang dan sobekan kertas, kau sanggup mengamati bahwa saat penggaris plastik didekatkan pada sobekan kertas, sobekan kertas akan melekat pada penggaris plastik yang telah digosok-gosokkan pada kain wol, tetapi tidak melekat pada penggaris plastik yang belum digosokkan.

Sebelum sisir plastik digosokkan, muatan listrik pada sisir tersebut berada dalam keadaan seimbang. Saat digosokkan, terjadi perpindahan muatan listrik dari kain wol ke sisir.

Muatan listrik yang berpindah ialah elektron. Dengan demikian, sisir plastik tersebut bermuatan negatif (-) sehingga sanggup menarik sobekan kertas untuk melekat padanya.

Sifat-Sifat Muatan Listrik

Sifat-sifat yang dimiliki muatan listrik adalah:

a) Muatan listrik yang sejenis (negatif dengan negatif atau faktual dengan positif) jikalau didekatkan akan saling tolak-menolak.

b) Muatan listrik yang tidak sejenis (negatif dengan positif) jikalau didekatkan akan saling tarik-menarik.