Contoh Menyimpulkan Isi Obrolan Interaktif Beberapa Narasumber Pada Tayangan Televisi

Dialog interaktif adalah aktivitas bertanya jawab yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang bertujuan untuk mendapat suatu informasi.

Berdialog dengan narasumber sanggup disebut juga sebagai aktivitas wawancara. Di dalam obrolan interaktif tersebut tentunya terdapat isi yang perlu untuk dipahami.

Berdasarkan obrolan tersebut, kalian sanggup menyimpulkan isi obrolan dengan baik.

Perhatikan Contoh Dialog di Bawah ini

A : Bagaimana volume ekspor kendaraan beroda empat di tahun ini, Pak?

B : Industri otomotif nasional terus melaju. Selain pasar dalam negeri kian membaik, produsen dalam negeri pun serius melebarkan sayap ke mancanegara.

Dalam beberapa tahun terakhir, volume ekspor kendaraan beroda empat terus meningkat. Bahkan, tahun ini diprediksi melonjak. Gaikindo memproyeksikan sanggup menembus 100 ribu unit.

A : Apakah yang menjadi faktor pemicu tingginya volume ekspor mobil?

B : Ekspor kendaraan beroda empat memang terkait dengan kesepakatan prinsipiil. Misalnya, kesepakatan prinsipiil Suzuki di Jepang yang menunjuk Indonesia sebagai basis produksi APV atau Daihatsu dengan Gran Max. Saya melihat kesepakatan itu cukup besar, bahkan sanggup diikuti oleh prinsipiil lain.

A : Siapakah yang menjadi pembidik pasar kendaraan beroda empat di Indonesia, Pak?

B : Salah satu produsen yang serius membidik pasar ekspor yaitu Suzuki. Tahun lalu, Indomobil Group yang memayungi Suzuki di Indonesia mengekspor 17 ribu APV. Tahun ini, angkanya bakal ditingkatkan sampai di atas 20 ribu unit.

A : Sebenarnya apakah manfaat dari pasar ekspor tersebut?

C : Pasar ekspor menjadi tolok ukur kualitas produk yang dihasilkan produsen di Indonesia apakah sudah memenuhi standar internasional. Buktinya APV sanggup diekspor ke 62 negara. Saat ini, Indomobil mengekspor APV ke aneka macam negara menyerupai Australia, Afrika Selatan, India, Pakistan, serta negara di daerah ASEAN, Timur Tengah, dan Amerika Selatan.

A : Apa yang telah dicapai Indonesia dengan ekspor kendaraan beroda empat kini ini?

C : Satu hal yang menggembirakan, local content atau komponen lokal Suzuki APV yang diekspor sudah mencapai 76 persen. Angka tersebut merupakan angka tertinggi untuk semua produk yang diekspor. 

Ini membanggakan. Selain APV, ekspor Chery QQ ke Malaysia dan Thailand di atas 100 unit per bulan. Untuk Cherry QQ, komponen lokalnya 40 persen, mulai velg, ban, hingga
bahan interior. Kami juga menyiapkan truk Hino.

A : Lalu, bagaimanakah kinerja ekspor nantinya berkaitan dengan ekonomi yang terjadi di dunia, utamanya di Indonesia?

B : Gaikindo menyadari bahaya perlambatan ekonomi dunia menyusul tanda-tanda resesi di AS. Namun, kami berharap ini tidak kuat terhadap kinerja ekspor otomotif nasional. Di samping itu, kesepakatan prinsipiil menunjuk Indonesia sebagai basis produksi harus diimbangi pemerintah.

A : Maksudnya?

B : Maksud kami harus didukung infrastruktur penunjang. Adanya pelabuhan khusus ekspor kendaraan beroda empat di Tanjung Priok, Jakarta, memang sudah cukup bagus. Namun, kami berharap supaya pemerintah terus menyebarkan infrastruktur lain menyerupai kanal dari jalan tol ke pelabuhan ataupun lahan parkir di pelabuhan. Hal itu harus segera mulai disiapkan untuk mengantisipasi terus meningkatnya volume ekspor mobil.
(Sumber: Jawa Pos, 24 Maret 2008, dengan pengubahan)
adalah aktivitas bertanya jawab yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang bertujuan unt Contoh Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif Beberapa Narasumber Pada Tayangan Televisi
Dialog Interaktif di TV

Setelah menyimak obrolan selanjutnya, hal-hal penting dalam dialog yang perlu kalian catat yaitu berikut.

1. Industri otomotif nasional terus melaju. Dalam beberapa tahun terakhir, volume ekspor kendaraan beroda empat terus meningkat. Bahkan, tahun ini diprediksi melonjak.

2. Ekspor kendaraan beroda empat terkait dengan kesepakatan prinsipiil. Jepang menunjuk Indonesia sebagai basis produksi APV atau Daihatsu dengan Gran Max.

3. Pasar ekspor menjadi tolok ukur kualitas produk yang dihasilkan produsen di Indonesia apakah sudah memenuhi standar internasional. Sebagai bukti APV sanggup diekspor ke 62 negara. Saat ini, Indomobil mengekspor APV ke aneka macam negara menyerupai Australia, Afrika Selatan, India, Pakistan, serta negara di daerah ASEAN, Timur Tengah, dan Amerika Selatan.

4. Hal yang menggembirakan, local content atau komponen lokal Suzuki APV yang diekspor sudah mencapai 76 persen. Selain APV, ekspor Chery QQ ke Malaysia dan Thailand di atas 100 unit per bulan. Untuk Cherry QQ, komponen lokalnya 40 persen, mulai velg, ban, sampai materi interior. Ekspor kendaraan beroda empat juga menyiapkan truk Hino.

5. Gaikindo menyadari bahaya perlambatan ekonomi dunia menyusul tanda-tanda resesi di AS. Namun, mereka berharap ini tidak kuat terhadap kinerja ekspor otomotif nasional.

6. Indonesia sebagai basis produksi harus didukung infrastruktur penunjang menyerupai kanal dari jalan tol ke pelabuhan ataupun lahan parkir di pelabuhan. Hal ini disiapkan untuk mengantisipasi terus meningkatnya volume ekspor mobil.

Secara keseluruhan, sanggup disimpulkan bahwa isi dialog tersebut yaitu berikut.

Industri otomotif nasional terus melaju dan siap melebarkan sayap ke mancanegara. Hal ini terkait dengan kesepakatan prinsipiil Suzuki di Jepang yang menunjuk Indonesia sebagai basis produksi APV atau Daihatsu dengan Gran Max. Pasar ekspor menjadi tolok ukur kualitas produk yang dihasilkan produsen di Indonesia, berkaitan apakah sudah memenuhi standar internasional. Dalam hubungannya dengan perlambatan ekonomi, industri otomotif tersebut berharap supaya tidak kuat terhadap kinerja ekspor otomotif nasional. Dalam perkembangannya, dibutuhkan pertolongan infrastruktur penunjang dari pemerintah, menyerupai kanal dari jalan tol ke pelabuhan ataupun lahan parkir di pelabuhan. Hal ini disiapkan untuk mengantisipasi terus meningkatnya volume ekspor mobil.”