Pengertian Listrik Statis Dan Listrik Dinamis Beserta Contohnya

Pelajaran listrik statis merupakan pelajaran yang membahas wacana muatan listrik yang untuk sementara membisu pada suatu benda.

Kajian wacana listrik statis pertama kali dilakukan oleh seorang matematikawan Yunani kuno berjulukan Thales of Miletus (625-574 SM).

Ia menggosokkan kerikil ambar pada kain wol dan mendekatkannya pada benda ringan, ibarat bulu ayam. Saat itu, bulu ayam tersebut terbang dan melekat pada kerikil ambar.

Dari kata kerikil ambar inilah istilah listrik berasal. Listrik (electricity) diambil dari kata elektron, yang dalam bahasa Yunani berarti kerikil ambar.

Pengertian Listrik Statis

Litrik statis ialah fenomena dimana benda-benda yang mempunyai aliran listrik akan saling berpautan tanpa sumber daya listrik, atau dengan kata lain benda tersebut sanggup mengalirkan elektron dan ptoton tanpa adanya elemen pembangkit listrik.

Listrik statis sanggup diciptakan dengan reaksi yang ditimbulkan dari dua benda yang mempunyai muatan listrik berbeda.

Contoh Listrik Statis
Listrik Statis
Contohnya adalah dikala kita menyisir rambut, maka tanpa sadar kadang rambut kita akan terbawa berdiri seirng gerakan sisir. Hal ini terjadi alasannya adanya interaksi antara rambut dengan sisir.

Contoh lainnya ialah pada kain sutra yang digosok-gosokkan pada beling batangan, maka kedua benda tersebut akan bereaksi tarik-menarik. Percobaan yang sama juga ditemui pada penggaris yang digosokkan pada rambut kemudian didekatkan pada cuilan kertas kecil-kecil, maka kertas akan tertarik oleh penggaris seakan ada medan magnet yang menariknya.

Pengertian Listrik Dinamis

Listrik Dinamis adalah listrik yang sanggup bergerak atau mengalir dalam rangkaian listrik. Arus listriknya merupakan aliran muatan listrik yang umumnya melewati kawat penghantar tiap satuan waktu. 

Arah dari arus listrik searah dengan arah gerak muatan nyata dan banyaknya muatan listrik yang mengalir melalui penghantar setiap satuan waktu.

Contoh Listrik Dinamis

Contoh dari fenomena listrik dinamis salah satunya bila kalian mempunyai mainan mobil-mobilan yang memakai kerikil baterai, rangkaian lampu listrik dan lainnya.