Pengertian Dan Teladan Konduktor, Isolator Serta Semikonduktor

Berikut ini merupakan pembahasa ihwal pengertian konduktor, pengertian isolator, pengertian semi konduktor, teladan benda kondukot, teladan materi isolator, teladan materi semikonduktor, dan teladan konduktor listrik.

Pengertian Konduktor, Isolator, dan Semikonduktor

Ketika kau mempelajari rangkaian listrik, kau memakai kabel sebagai penghantar arus listriknya. Bagaimana kalau kabel tersebut diganti dengan tali plastik, apakah lampu menyala?

Hukum Ohm menyatakan bahwa jenis materi memengaruhi nilai kendala listriknya. Sifat alami yang dimiliki suatu materi yaitu kendala jenisnya.

Hambatan jenis besi akan berbeda dengan kendala jenis tembaga. Jika kau mengganti kabel penghantar pada suatu rangkaian listrik dengan tali plastik, arus listrik ini niscaya tidak akan mengalir.

Mengapa demikian? Plastik merupakan materi yang kendala jenisnya sangat besar sehingga tidak ada arus listrik yang mengalir melaluinya.

Berdasarkan sifat menghantarkan listriknya, materi dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu konduktor, isolator, dan semikonduktor.

Konduktor adalah bahan-bahan yang sanggup menghantarkan arus listrik dengan baik. Bahan-bahan yang termasuk jenis konduktor ini di antaranya besi, baja, tembaga, dan nikel. 

Isolator adalah bahan-bahan yang sama sekali tidak sanggup menghantarkan arus listrik. Contoh bahan-bahan yang termasuk isolator, di antaranya plastik, kayu kering, dan kertas.

Bagaimana dengan semikonduktor? Jika konduktor merupakan materi yang sanggup menghantarkan arus listrik dan isolator merupakan materi yang tidak sanggup menghantarkan arus listrik, semikonduktor merupakan materi yang bersifat di antara isolator dan konduktor. 

Artinya, semikonduktor sanggup menghantarkan arus listrik dan sanggup pula tidak menghantarkan arus listrik. Sifat semikonduktor ini bergantung suhu. Jika suhu materi semakin tinggi, materi ini akan bersifat konduktor. Sebaliknya, kalau suhunya semakin rendah materi ini akan menjadi isolator.

Sifat-sifat semikonduktor dimanfaatkan dalam pembuatan komponen-komponen listrik menyerupai transistor dan IC (Integrated Circuit). Bahan-bahan semikonduktor misalnya germanium, silikon, dan selenium.
Berikut ini merupakan pembahasa ihwal pengertian konduktor Pengertian dan Contoh Konduktor, Isolator serta Semikonduktor
Gambar: Kabel Koaksial (Tembaga Konduktor dan Plastik sebagai Isolator)

Jika kau perhatikan, alat-alat listrik yang ada di rumahmu niscaya ada yang memakai bahan-bahan konduktor dan materi isolator. Sebuah obeng dibentuk dari materi besi dengan pegangannya dibentuk dari kayu atau plastik.

Mengapa dirancang demikian? Rancangan menyerupai ini bermanfaat dikala dipakai untuk memperbaiki bab dalam alat-alat elektronik, biar pengguna tidak terkena anutan listrik.