Pengertian Dan Teori Atom Berdasarkan Para Jago (Dalton)

Berikut ini merupakan pembahasan lengkap wacana definisi dan pengertian atom berdasarkan para mahir dan berdasarkan dalton, partikel penyusun atom, struktur atom, pola atom, nomor atom, nomor massa atom, teori atom berdasarkan dalton, teori atom berdasarkan para ahli, massa atom relatif.

Partikel materi yaitu bab terkecil dari suatu materi yang mempunyai sifat materi itu. Dengan kata lain, partikel materi akan mempunyai sifat yang sama dengan materi tersebut. Partikel materi tersebut sanggup berbentuk atom, ion, atau molekul. Ayo cermati uraian berikut ini.

Pengertian Atom Menurut Para Ahli

Apabila sebuah kapur tulis dipotong-potong secara terus menerus hingga bab yang terkecil, apa yang akan terjadi? Dapatkah kapur itu dipotong terus-menerus?

Semua materi sanggup dibagi-bagi hingga pada bab yang terkecil dari zat tersebut sehingga tidak sanggup dibagi-bagi lagi.

Teori Atom Menurut Para Ahli

Menurut Aristoteles, pembagian materi bersifat kontinu. Suatu materi sanggup dibagi menjadi bab yang lebih kecil secara terus menerus tanpa ada batasnya.

Sedangkan, Democritus berpendapat bahwa pembagian materi sifatnya diskontinu. Artinya, jikalau suatu materi dibagi secara terus menerus, maka akan diperoleh bab yang terkecil dan tidak sanggup dibagi lagi. Bagian itulah yang disebut dengan atom.

Atom adalah bab terkecil dari suatu unsur. Perhatikan Gambar di bawah ini. Pada gambar diperlihatkan citra agresif wacana atom yang disimpulkan para ahli. Keadaan atom bergotong-royong sangat sukar untuk diungkapkan dalam bentuk gambar.
Berikut ini merupakan pembahasan lengkap wacana definisi dan pengertian atom berdasarkan para Pengertian dan Teori Atom Menurut Para Ahli (Dalton)
Gambar: Model Struktur Atom

Pada 2500 tahun yang lalu, para ilmuan Yunani Kuno menyatakan bahwa materi terdiri dari bagian-bagian yang sangat kecil, disebut atom. Kata atom berasal dari kata atomos yang berarti tidak sanggup dibagi-bagi lagi.

Pendapat ini dikembangkan oleh Democritus dan sanggup bertahan usang sekali, walaupun para ilmuan pada zaman itu belum sanggup menjelaskan peristiwa-peristiwa perubahan zat yang terjadi di alam.

Istilah atom pertama kali diajukan oleh Anaxagoras. Democritus hanya mengungkapkan bahwa atom sangat kecil sehingga tidak sanggup dibagi-bagi lagi. Pendapat wacana atom disempurnakan oleh John Dalton pada 1803.

Teori Atom Menurut Dalton

John Dalton (1766 - 1844) menyusun teori wacana atom yang lebih lengkap, yaitu sebagai berikut:

a) Materi terdiri atas sejumlah partikel yang sangat kecil dan tidak sanggup dipecah-pecah lagi. Partikel inilah yang dinamakan atom.

b) Atom-atom dalam suatu unsur identik dalam segala hal atau mempunyai sifat dan massa yang sama dengan unsur tersebut, tetapi berbeda dengan atom-atom unsur lain.

Perhatikan gambar berikut ini!
Berikut ini merupakan pembahasan lengkap wacana definisi dan pengertian atom berdasarkan para Pengertian dan Teori Atom Menurut Para Ahli (Dalton)
Gambar: Atom-atom Unsur H berbeda dengan atom-atom unsur C

Atom unsur H mempunyai kesamaan dalam segala hal (sifat dan massa) dengan atom unsur H yang lainnya, tetapi atom unsur H berbeda dengan atom unsur C.

c) Atom sanggup bergabung dengan atom lain membentuk suatu senyawa dengan perbandingan tertentu yang nilainya bundar dan sederhana.

Perhatikan gambar berikut ini!
Berikut ini merupakan pembahasan lengkap wacana definisi dan pengertian atom berdasarkan para Pengertian dan Teori Atom Menurut Para Ahli (Dalton)
Gambar: Atom-atom H bergabung dengan atom O membentuk senyawa H2O

Atom H bergabung dengan atom O membentuk suatu senyawa. Perbandingan atom H dengan atom O dalam senyawa tersebut yaitu 2 : 1.