Pengertian Dan Tumpuan Kalimat Pengandaian Dalam Bahasa Indonesia

Pembahasan kali ini yaitu perihal kalimat pengandaian, pengertian kalimat pengandaian, pola kalimat pengandaian, kalimat pengandaian dalam bahasa indonesia, dan kata pengandaian.

Kalimat dengan korelasi pengandaian

Perhatikan baris lagu berikut!
  1. Andai kutahu kapan tiba ajalku ku akan memohon Tuhan tolong panjangkan umurku.
  2. Pengusaha itu akan dilaporkan kepada polisi bilamana tidak segera memenuhi kewajibannya.

Kalimat di atas memakai kata andai. Ini menyatakan bahwa kalimat tersebut mempunyai korelasi pengandaian.

Hubungan pengandaian dalam sebuah kalimat dinyatakan dengan konjungsi pengandaian. Konjungsi yang menunjukkan korelasi pengandaian antara lain seandainya, andaikata, bilamana, jika, bila, dan sebagainya.
Pembahasan kali ini yaitu perihal kalimat pengandaian Pengertian dan Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Indonesia
Gambar: Contoh Kalimat Pengandaian

Contoh – pola kalimat pengandaian.

Bila
Bila saja kau tiba lebih awal, niscaya kau akan bertemu dengannya di sini.
Budi akan segera datang, bila kau telepon dia.

Bila saja waktu itu kau menuruti perkataanku, kau tidak akan menyesal ibarat ini.
Kita semestinya sudah pulang ke rumah, bila saja pak guru tidak menyuruh membersihkan kelas.

Jika
Jika aku punya uang yang banyak, maka saya akan membeli sepeda motor baru.
Jika Shinta tidak tiba dalam 5 menit, kita terpaksa pergi meninggalkannya.

Harga barang – barang kebutuhan pokok akan ikut naik, jika pemerintah menaikan harga BBM.
Jika kau sudah renta nanti, kau harus berbakti kepada orang renta mu.

Kalau
Kalau acara itu diadakan hari minggu, saya akan menghadirinya.
Kalau saja saya mencar ilmu semalam, saya niscaya tidak akan menerima nilai jelek.

Anak bandel itu akan menjadi baik, kalau saja orang tuanya mendidik dengan benar.
Semestinya kita sudah tiba dari tadi, kalau saja kendaraan beroda empat ini tidak mogok di jalan.

Apabila
Apabila kamu melihat Andi, katakan padanya saya sedang mencari dirinya.
Apabila esok cerah, ayah akan membawa kami berlibur ke rumah nenek.

Semestinya maling tidak akan sanggup masuk rumah ini, apabila kamu mengunci pintu dengan baik.
Budi akan pergi bersama kami, apabila dia menerima izin dari ayahnya.

Seandainya
Seandainya aku sanggup terbang, saya akan mengelilingi bumi ini.
Seandainya nanti malam saya tidak sibuk, saya akan tiba ke rumahmu.

Seandainya kamu memberitahuku lebih awal, kita niscaya tidak akan kalah.
Seandainya saja paman mau tiba kemari, kita niscaya akan diajaknya ke rumah nenek.

Andaikan
Andaikan aku punya sedikit uang, saya akan membelikanmu buku baru.
Andaikan saja malam ini saya pergi, saya niscaya tidak akan bertemu lagi dengannya.

Rumah itu akan terlihat baik, andaikan di cat dengan warna biru dan putih.
Aku akan melupakannya, andaikan aku tak akan bertemunya lagi.