Pengertian, Fungsi Dan Macam-Macam Pembuluh Darah Serta Perbedaan Pembuluh Arteri Dan Vena

Pembahasan kali ini akan menjelaskan sekilas wacana pengertian pembuluh darah, macam-macam pembuluh darah, pembuluh darah arteri, pembuluh darah vena, pembuluh kapiler, obat herbal penyempitan pembuluh darah jantung, penyumbatah pembuluh darah, fungsi pembuluh darah, pengertian stroke, vena pulmonalis, pembuluh darah jantung, pembuluh nadi.

Pembuluh Darah

Ada tiga macam pembuluh darah yang berperan dalam proses peredaran darah. Pembuluh darah tersebut yakni arteri, vena, dan pembuluh kapiler.

a. Pembuluh Arteri

Arteri adalah pembuluh darah yang mengangkut darah dari jantung ke seluruh tubuh, kecuali arteri pulmonalis. Arteri berperan dalam pengangkutan darah higienis dari jantung ke seluruh tubuh, kecuali arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis berperan membawa darah kotor yang perlu oksigenasi.

Arteri memiliki dinding yang tebal dan elastis. Tentu saja pembuluh arteri ini meninggalkan jantung. Tekanan darahnya lebih berpengaruh kalau dibandingkan dengan tekanan yang dimiliki oleh pembuluh vena. Pembuluh arteri ini biasanya juga terletak di cuilan dalam permukaan badan dan memiliki satu pangkal (aorta).
Pembahasan kali ini akan menjelaskan sekilas wacana pengertian pembuluh darah Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Pembuluh Darah serta Perbedaan Pembuluh Arteri dan Vena
Gambar: Pembuluh Darah Arteri dan Vena

b. Pembuluh Vena

Vena adalah pembuluh darah yang mengangkut darah dari seluruh badan ke jantung, kecuali vena pulmonalis. Pembuluh vena ini sering disebut sebagai pembuluh balik. Hal ini sebab pembuluh vena bertugas membawa darah kotor (miskin oksigen) kembali menuju jantung, kecuali vena pulmonalis yang bertugas membawa darah higienis menuju jantung.

Vena memiliki klep di sepanjang pembuluh darah. Banyaknya klep pada vena ini berafiliasi dengan kiprah vena yang membawa darah yang arah gerakannya melawan gaya berat. Klep-klep ini bertugas menjaga semoga pembuluh darah mengalir ke jantung tanpa jatuh kembali ke arah sebaliknya.

Perbedaan Pembuluh Arteri dan Vena

Perbedaan arteri dengan vena sanggup kau lihat pada tabel di bawah ini.

Variable
Pembuluh Arteri
Pembuluh Vena
Dinding
Letak
Aliran darah
Klep
Tekanan
Isi darah
Tebal, elastis
Lebih ke dalam
Meninggalkan jantung
Satu di pangkal
Kuat, kalau termotong darah memancar
Banyak mengandung O2, kecuali arteri pulmonalis
Tipis, kurang elastis
Dekat permukaan tubuh
Menuju ke jantung
Banyak di sepanjang vena
Lemah, kalau dipotong akan menetes
Banyak mengandung CO2, kecuali vena pulmonalis

c. Pembuluh Kapiler

Pembuluh kapiler merupakan pembuluh darah yang sangat kecil kawasan arteri berakhir. Pembuluh ini berfungsi sebagai biro zat-zat penting ke jaringan yang memungkinkan berjalannya banyak sekali proses dalam tubuh.