Pengertian, Fungsi Serta Prinsip Dan Cara Kerja Termometer

Berikut ini merupakan pembahasan perihal pengertian termometer, prinsip kerja termometer, fungsi termometer, cara kerja termometer, cara memakai termometer, cara kerja termometer digital.

Pengertian Termometer

Termometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur suhu (temperatur) suatu zat. 

Kalian telah mengenal alat pengukur suhu dan konversi satuan suhu. Sekarang mari kita melaksanakan pengukuran suhu benda.Telah dibahas di depan bahwa kulit sanggup mencicipi suhu suatu benda, akan tetapi tidak sanggup mengukur suhu.

Prinsip dan Cara Kerja Termometer

Cara kerja termometer secara garis besar sanggup dijelaskan sebagai berikut.

  1. Bila tandon zat cair terkena (dikenai) panas (dapat berupa panas dari benda) zat cair dalam tandon akan mengembang (memuai).
  2. Oleh sebab zat cair dalam tandon memuai, zat cair tersebut masuk ke celah kapiler. Selanjutnya, zat cair tersebut berhenti pada skala suhu tertentu. Skala itulah yang menawarkan suhu benda yang bersangkutan.

Berikut ini merupakan pembahasan perihal pengertian termometer Pengertian, Fungsi serta Prinsip dan Cara Kerja Termometer
Gambar: Termometer dan Bagian-bagiannya

Bahan Termometer

Zat cair yang sering dipakai sebagai pengisi termometer yaitu raksa atau alkohol. Keduanya dipilih sebab masing-masing memiliki kelebihan.

Kelebihan Raksa

Raksa membeku pada suhu –39°C dan mendidih pada suhu yang cukup tinggi, yaitu 357°C. Mengenai °C dijelaskan dalam bahan selanjutnya.

Kelebihan Alkohol

Alkohol membeku pada suhu –114,9°C dan mendidih pada suhu 78°C. Berdasarkan data ini, termometer raksa paling sempurna untuk mengukur suhu-suhu tinggi (sampai dengan 357°C).

Sementara itu, termometer alkohol paling sesuai untuk mengukur suhu-suhu rendah (sampai dengan -144,9°C). Kelebihan lain yang dimiliki raksa, yaitu mengilap sehingga gampang dilihat.

Raksa tampak terang dikala naik atau turun akhir memuai atau menyusut sebab mengalami pemanasan atau pendinginan.