Pengertian Gagasan Utama Dan Cara Menemukannya Dalam Teks

Pembahasan kali ini ialah ihwal pengertian gagasan utama dalam kalimat atau teks, cara menemukan gagasan utama dalam kalimat atau teks dan pola gagasan utama dalam kalimat atau teks.

Pengertian gagasan utama

Gagasan Utama atau inspirasi pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan.  Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf.

Letaknya biasanya terdapat pada awal atau selesai paragraf. Ada juga gagasan utama yang terletak di tengah paragraf kalau paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi. Bila paragrafnya bersifat paragraf campuran, gagasan utamanya ada di awal dan di selesai paragraf.

Ciri khusus kalimat utama ialah mempunyai makna paling umum di antara kalimat-kalimat lain yang terdapat pada paragraf yang sama.

Cara menemukan gagasan utama dalam kalimat atau teks

Amatilah acara yang dilakukan orang dikala hendak membeli koran dengan anak yang sedang membaca materi yang akan dijadikan materi tes.

Cara mereka membaca berbeda. Apa yang mengakibatkan perbedaan itu? Benar, yang membedakan antara keduanya ialah tujuan mereka membaca.

Anak yang hendak mengikuti tes membaca dengan tujuan menyerap isi teks biar nilai tesnya baik, sedangkan orang yang hendak membeli koran membaca tetapi tidak bertujuan untuk memahami isi teks atau berita, hanya sekadar tahu judul-judul informasi pada hari itu.

Pembahasan kali ini ialah ihwal pengertian gagasan utama dalam kalimat atau teks Pengertian Gagasan Utama dan Cara menemukannya dalam teks
Gambar: Contoh Gagasan Utama

1. Memahami gagasan utama paragraf

Agar sanggup memahami gagasan utama sebuah teks yang terdiri atas beberapa paragraf, maka harus dilatih terlebih dulu dengan memahami gagasan pokok sebuah paragraf.

2. Memahami gagasan utama teks

Dalam sebuah surat kabar atau buku, kalian akan menemukan beberapa teks dengan gagasan utama yang berbedabeda.

Jika tujuan kita membaca hanya sekadar ingin tahu secara sekilas atas artikel-artikel atau berita-berita dalam sebuah surat kabar, maka kita cukup memahami gagasan-gagasan pokok dari artikel-artikel atau teks-teks informasi tersebut.

Contoh Gagasan Utama dalam paragraf:

Rumah kawasan tinggalku sangat menyenangkan. Aku bersama abang dan adik-adikku merasa tenteram berada di rumah. 

Kami sanggup berdiskusi, bercengkerama, dan kadang bersendau gurau ihwal aneka macam hal. Teman-temanku juga merasa betah kalau berguru di rumahku. Tempatnya memang nyaman, jauh dari kebisingan bunyi mobil, dan tetangganya ramah.

Kalimat utamanya ialah :
Rumah kawasan tinggalku sangat menyenangkan.

Gagasan utamanya ialah :
 Faktor-faktor yang mengakibatkan rumahku menyenangkan.