Pengertian Medan Listrik Dan Berpengaruh Medan Listrik, Rumus Serta Pola Soalnya

Berikut ini merupakan  pembahasan wacana medan listrik, pengertian medan listrik, referensi soal medan listrik, dan pengertian berpengaruh medan listrik, rumus berpengaruh medan listrik serta referensi soal berpengaruh medan listrik.

Pengertian Medan Listrik

Konon, dikala Newton menemukan aturan gravitasi, diilhami oleh sebuah apel yang jatuh dari pohonnya ke tanah. Newton memikirkan mengapa hal tersebut terjadi.

Hasil pemikirannya hingga pada sebuah kesimpulan bahwa di antara dua buah benda yang memiliki massa ada interaksi tarik-menarik. Kesimpulan ini populer dengan aturan gravitasi Newton.

Buah apel akan jatuh ke tanah sebab ada gaya tarik bumi yang disebut gaya gravitasi. Massa bumi jauh lebih besar daripada massa sebuah apel. Oleh sebab itu, apel akan tertarik oleh bumi, bukan sebaliknya.

Dalam hal ini, dikatakan bahwa apel terletak pada medan gravitasi bumi. Dua buah muatan yang diletakkan pada jarak tertentu akan mengalami hal serupa dengan buah apel yang jatuh ke bumi.

Sebuah muatan akan memiliki medan listrik di sekitarnya sehingga jikalau sebuah muatan uji diletakkan pada jarak tertentu, muatan uji tersebut akan mengalami gaya tarik atau gaya tolak dari muatan tersebut selama muatan uji tersebut berada dalam medan listrik bermuatan.

Medan listrik yaitu kawasan di sekitar benda bermuatan listrik. Benda bermuatan listrik memiliki garis-garis, menyerupai ditunjukkan pada Gambar di bawah ini.
 dikala Newton menemukan aturan gravitasi Pengertian Medan Listrik dan Kuat Medan Listrik, Rumus serta Contoh Soalnya
Gambar: (a) Medan Listrik Bermuatan Positif dan (b) Medan Listrik Bermuatan Negatif

Garis-garis gaya listrik pada muatan positif bergerak ke luar. Sedangkan pada muatan negatif garis-garis gayanya menuju pusat. Garis-garis gaya berasal dari muatan positif menuju muatan negatif menyerupai ditunjukkan pada Gambar di bawah ini.
 dikala Newton menemukan aturan gravitasi Pengertian Medan Listrik dan Kuat Medan Listrik, Rumus serta Contoh Soalnya
Gambar: Garis Gaya Listrik dari Muatan Positif menuju Muatan Negatif

Misalkan, sebuah muatan uji q diletakkan pada jarak tertentu dari muatan Q. Ternyata, muatan uji tersebut akan tertarik oleh muatan Q. Dalam hal ini muatan uji q berada di dalam medan listrik muatan Q.

Rumus Kuat Medan Listrik

Bagaimana memilih besarnya berpengaruh medan listrik muatan Q? Kuat medan listrik didefinisikan sebagai berikut.
Besarnya gaya Coulomb yang dialami oleh sebuah muatan uji q jawaban adanya muatan Q dibagi dengan besarnya muatan uji q.
Dalam bentuk matematis, definisi tersebut dituliskan dalam persamaan sebagai berikut.

kuat medan listrik = gaya coulomb/muatan uji


Keterangan:
E = berpengaruh medan (N/C)
Q = muatan (C)
r = jarak muatan uji ke muatan tertentu (m)

Dari Persamaan di atas terlihat bahwa untuk mengetahui besarnya berpengaruh medan listrik dari sebuah muatan, kita hanya memerlukan besarnya muatan tersebut serta jarak muatan uji dari muatan yang akan dicari besar medan listriknya.

Terlihat bahwa semakin besar muatannya, semakin besar berpengaruh medan listriknya untuk jarak yang sama. Semakin bersahabat muatan uji dari suatu muatan yang akan dicari berpengaruh medannya, semakin besar berpengaruh medan listriknya untuk muatan yang sama.

Contoh Soal Kuat Medan Listrik

Hitunglah berpengaruh medan listrik dari sebuah muatan Q yang muatannya 7 × 10-9 C pada jarak 7 cm dari muatan tersebut!

Jawab:
Q = +7 × 10-9 C
r = 7 cm = 7 × 10-2 m
E = .... ?

E = k. (Q.q):r2
= 9 x 109 (7 x 10-9) : (7 x 10-2)2
= 1,29 × 104
Jadi, berpengaruh medan listriknya sebesar 1,29 × 104 N/C.