Pengertian Pembiasaan Dan Macam-Macamnya

Pembahasan kali ini yaitu perihal kelangsungan hidup organisme atau kelangsungan hidup makhluk hidup, pengertian adaptasi, macam-macam penyesuaian makhluk hidup, penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya, jenis-jenis penyesuaian makhluk hidup, penyesuaian pada makhluk hidup, peyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya.

Dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, binatang harus mengikuti keadaan dengan suasana lingkungan di sekitarnya, disebut adaptasi. Tumbuhan juga mengalami adaptasi, menyerupai daun jati yang menggugurkan daunnya pada demam isu kemarau.

Untuk lebih mengetahui perihal kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan.

Pengertian Adaptasi

Adaptasi adalah penyesuaian makhluk hidup (organisme) terhadap lingkungannya dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya. 

Adaptasi diharapkan makhluk hidup untuk bertahan hidup. Adaptasi terbagi menjadi tiga macam, yaitu penyesuaian morfologi, penyesuaian fisiologi, dan penyesuaian tingkah laku.

Macam-macam Adaptasi


1. Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk badan atau struktur badan tertentu dari suatu organisme terhadap lingkungannya. Adaptasi ini terjadi pada binatang dan tumbuhan.

 penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya Pengertian Adaptasi dan Macam-macamnya
Adaptasi

2. Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian fungsi kerja alat-alat badan suatu organisme terhadap lingkungannya. Contohnya, orang yang berada di dataran tinggi biasanya mempunyai jumlah sel darah merah yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tinggal di dataran rendah.

Contoh lainnya yaitu di dalam jalan masuk pencernaan binatang memamah biak, menyerupai sapi, kerbau, kambing, dan domba terdapat mikro-organisme yang menghasilkan enzim selulase. Enzim ini berperan dalam mencerna selulosa yang terdapat pada sel-sel flora yang dimakannya.

3. Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laku yaitu perubahan sikap suatu organisme untuk mengikuti keadaan dengan lingkungannya.