Pengertian Pesawat Sederhana Roda Gigi Beserta Contohnya

Berikut ini yaitu pembahasan perihal salah satu jenis pesawat sederhana yaitu roda gigi yang mencakup pesawat sederhana roda gigi, pengertian roda gigi, pola roda gigi.

Pengertian Gigi Roda

Roda gigi adalah penggalan dari mesin yang berputar yang berkhasiat untuk mentransmisikan daya. Roda gigi mempunyai gigi-gigi.
Gigi roda merupakan pola pesawat sederhana. Gigi roda banyak dipakai pada mesin-mesin mobil, sepeda motor, dan sepeda. Pernahkah kau memperhatikan dikala kau naik sepeda?

Ketika kau melewati tanjakan, sepeda kau akan terasa berat. Hal ini dikarenakan tarikan gaya gravitasi yang bekerja pada tubuh dan sepedamu.

Sepeda masa sekarang telah dilengkapi dengan gigi roda yang lebih dari satu. Gigi roda ini berfungsi meningkatkan atau menurunkan putaran.
Berikut ini yaitu pembahasan perihal salah satu jenis pesawat sederhana yaitu roda gigi y Pengertian Pesawat Sederhana Roda Gigi beserta Contohnya
Gambar: Gigi Roda

Ketika sepeda akan melewati tanjakan, kau niscaya memindahkan gigi roda belakang sedemikian rupa sehingga rantai akan terhubung dengan gigi roda yang paling besar.

Gigi roda depan yang bekerjasama eksklusif dengan pedal daerah mengayuh pun diubah sedemikian rupa sehingga rantai akan terhubung pada gigi roda yang paling kecil.

Hal ini menimbulkan laju sepeda akan melambat, tetapi kau akan mencicipi kayuhan kakimu menjadi ringan. Sehingga dengan gaya sama menyerupai dipakai untuk mengayuh sepeda pada jalan datar, kau sanggup melewati tanjakan.