Pengertian, Rumus Dan Manfaat Pemantulan Suara Serta Teladan Macam-Macam Suara Pantul

Berikut ini merupakan pembahasan perihal Bunyi yaitu perihal pemantulan bunyi yang mencakup pemantulan bunyi, bunyi pantul, pengertian bunyi pantul, manfaat bunyi pantul, dan manfaat pemantulan bunyi, macam macam bunyi pantul, pengertian pemantulan bunyi, rumus pemantulan bunyi, dan pola pemantulan bunyi.

Pemantulan Bunyi

Karena bunyi merupakan sebuah gelombang, maka bunyi akan mengalami pemantulan, pembiasan, dan interferensi. Pada bahasan ini kita akan membahas perihal pemantulan bunyi. Sedangkan, pembiasan dan interferensi akan dipelajari kemudian.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal  Pengertian, Rumus dan Manfaat Pemantulan Bunyi serta Contoh Macam-macam Bunyi Pantul
Gambar: Contoh Pemantulan Bunyi

Karena gelombang bunyi dipantulkan oleh dinding, maka jarak tempuhnya menjadi dua kali lipat jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul. Jika jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul yaitu s, maka jarak tempuh gelombang bunyi yaitu 2s.
v = 2s/t
Keterangan:
v = cepat rambat bunyi (m/s)
s = jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul (m)
t = waktu (s)

Macam-Macam Bunyi Pantul

Berdasarkan kawasan terjadinya pemantulan, terdapat tiga macam bunyi pantul, yaitu:

a. Bunyi Pantul yang Memperkuat Bunyi Asli

Bunyi pantul yang memperkuat bunyi orisinil terjadi jikalau jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul berdekatan. Hal inilah yang menimbulkan bunyi seseorang di dalam ruangan kecil terdengar lebih jelas.

b. Gaung atau Kerdam

Gaung adalah bunyi yang diperoleh dari hasil pemantulan oleh sumber bunyi yang jaraknya dengan dinding pemantul agak jauh sehingga sebagian dari bunyi pantul terdengar bersamaan dengan bunyi orisinil yang lain dan menimbulkan bunyi terdengar tidak jelas.

Misal:
Bunyi orisinil : ma - kan - be - ling
Pantul : …… ma - kan - be - ling
Terdengar : ma ………………… ling

Untuk meredam terjadinya gaung pada tempat-tempat ibarat bioskop, kawasan hiburan, gedung pertemuan, studio musik, dan sebagainya, maka dipasangkan lapisan peredam bunyi pada dinding-dinding ruangan tersebut.

Lapisan peredam ini biasanya terbuat dari materi karton, gabus, wol, dan busa karet, yaitu bahan-bahan lunak untuk mengurangi terjadinya pemantulan bunyi.

c. Gema

Gema adalah bunyi yang diperoleh dari pemantulan dimana jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul sangat jauh sehingga keseluruhan bunyi pantul sanggup terdengar sehabis bunyi asli. Misalnya, bunyi pantul orang yang berteriak di lereng bukit.