Pengertian Serta Rumus Frekuensi Dan Abad Getaran (Gelombang)

Berikut ini merupakan pembahasan singkat wacana pengertian frekuensi getaran dan gelombang, pengertian periode getaran dan gelombang, rumus frekuensi getaran dan gelombang, rumus periode getaran dan gelombang yang disajikan secara singkat dan jelas.

Pengertian dan Rumus Periode Getaran (Gelombang)

Nilai perbandingan inilah yang kita katakan sebagai periode suatu getaran. Jadi, periode adalah banyaknya waktu yang diharapkan sebuah benda untuk melaksanakan satu getaran lengkap.

Dalam Sistem Internasional (SI), periode dilambangkan dengan T dan mempunyai satuan sekon (s).
T = t/n
Keterangan:

T = periode (sekon)

t = waktu (sekon)

n = banyak getaran

Walaupun simpangan pada pegas diperbesar, nilai dari periode tidak akan berubah. Dengan kata lain, periode getaran tidak dipengaruhi oleh besar amplitudo.

Pada gambar getaran di pembahasan sebelumnya, satu periode berarti waktu yang diharapkan oleh beban untuk bergerak dari B ke B lagi dengan lintasan B - A - C - A - B.
Berikut ini merupakan pembahasan singkat wacana pengertian frekuensi getaran dan gelomban Pengertian serta Rumus Frekuensi dan Periode Getaran (Gelombang)
Gambar: Contohh Satu Getaran Penuh

Pengertian dan Rumus Frekuensi Getaran (Gelombang)

Frekuensi adalah banyaknya getaran dalam satu detik. Dalam Sistem Internasional (SI), frekuensi dilambangkan dengan f dan mempunyai satuan Hertz (Hz).
F = n/t
Keterangan:

f = frekuensi (Hz)

t = waktu (sekon)

n = banyak getaran

Karena frekuensi yaitu kebalikan dari periode, maka di antara keduanya berlaku hubungan:
f = 1/T atau T = 1/f

Contoh Soal Frekuensi dan Periode Getaran (Gelombang)

Sebuah bandul bergerak bolak-balik dengan lintasan A - B - C - B - A. Jika waktu yang diharapkan bandul tersebut untuk melaksanakan satu getaran yaitu 2 detik, berapakah periode dan frekuensi getaran bandul tersebut?
Berikut ini merupakan pembahasan singkat wacana pengertian frekuensi getaran dan gelomban Pengertian serta Rumus Frekuensi dan Periode Getaran (Gelombang)

Penyelesaian :
Diketahui: t = 2 detik

Ditanya:
T = ?
f = ?

Jawab:
T = t/n
   = 2/1
   = 2

F = n/t
   = ½
   = 0,5

Jadi, periode getaran yaitu 2 sekon dan frekuensi getaran yaitu 0,5 Hz.