Pengertian Sistem Satuan Internasional (Si) Dan Konversi Satuan Panjang, Massa Dan Waktu

Berikut ini merupakan pembahasan perihal satuan yang mencakup pengertian satuan, sistem satuan internasional, konversi satuan, satuan panjang, satuan massa, satuan waktu, syarat satuan internasional, pengertian sistem satuan internasional, konversi satuan panjang, konversi satuan massa dan konversi satuan waktu.

Pengertian Sistem Satuan Internasional


Sistem Satuan Internasional (SI) atau International System of Unit atau le System International d’unites merupakan hasil janji dari CGPM (Conference General des Poids et Measures) di Paris, Prancis.
Dengan adanya satuan internasional diharapkan semua hasil pengukuran di seluruh dunia sanggup seragam serta gampang dipelajari semua orang.

Satuan Internasional (SI) ini merupakan sistem satuan yang baik (baku). Sistem ini memenuhi persyaratan berikut.

1. Mempunyai nilai tetap.

2. Praktis dikonversikan (diubah ke satuan lain dengan nilai yang sama).

3. Dapat dipakai oleh semua orang di seluruh dunia.

Pengertian Konversi Satuan

Dari sifat-sifat SI di depan, satuan-satuan baku lainnya sanggup dengan gampang dikonversikan ke dalam sistem SI.
Konversi satuan ialah perubahan sistem satuan pengukuran dari satu sistem ke sistem yang lain.

Macam-macam Konversi Satuan


1. Satuan Panjang

Satuan Internasional untuk panjang ialah meter. Sementara itu meter standar berbentuk batang logam yang terbuat dari campuran platina dan iridium. Meter standar disimpan di Biro Berat dan Ukuran Internasional di Sevres, bersahabat Paris.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal  Pengertian Sistem Satuan Internasional (SI) dan Konversi Satuan Panjang, Massa dan Waktu
Gambar: Meter Standar Platina-Iridium

Berdasarkan meter standar, sanggup diturunkan satuan-satuan panjang yang lain. Dalam matematika dikenal istilah tangga satuan panjang untuk menggambarkan kekerabatan kilometer sampai milimeter dengan meter.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal  Pengertian Sistem Satuan Internasional (SI) dan Konversi Satuan Panjang, Massa dan Waktu
Gambar: Tangga Satuan Panjang

Konversi Satuan Panjang

Bagaimana cara mengonversi antarsatuan panjang tersebut?

Setiap turunan satu tingkat satuan dikalikan 10. Sebaliknya, setiap naik satu tingkat satuan dibagi 10. Kilometer ke hektometer turun satu tingkat, berarti: 1 km = (1 × 10) km = 10 hm. Meter ke sentimeter turun dua tingkat, berarti: 1 m = (1 × 10 × 10) cm = 100 cm dan seterusnya.

Perlu kalian ketahui, di beberapa negara dikenal sistem satuan lain, misalnya sistem gaussian dan sistem satuan Inggris. Berikut beberapa pola satuan dalam sistem bukan SI beserta hubungannya dengan sistem SI.

Daftar Konversi Satuan Panjang

1) 1 feet atau 1 kaki = 0,3042 m = 30,42 cm

2) 1 inch atau 1 inci = 0,0254 m = 2,54 cm

3) 1 yard atau 1 yar = 0,9144 m = 91,44 cm

4) 1 mile atau 1 mil = 1.609 m = 1,609 km

5) 1 re (radius of Earth) = 6.370.000 m = 6.370 km

2. Satuan Massa

Massa adalah banyak zat yang terkandung dalam suatu benda. Satuan massa dalam Sistem Satuan Internasional ialah kilogram. 
Satu kilogram didefinisikan sebagai massa sebuah silinder platina iridium yang disimpan di Sevres, bersahabat kota Paris (Prancis). Platina tersebut mempunyai garis tengah 39 mm dan tinggi 39 mm. 
Berikut ini merupakan pembahasan perihal  Pengertian Sistem Satuan Internasional (SI) dan Konversi Satuan Panjang, Massa dan Waktu
Gambar: Massa Standar Platina-Iridium

Dalam perkembangannya ternyata diketahui bahwa massa 1 liter air murni pada suhu 4°C sama dengan 1 kilogram standar.

Konversi Satuan Massa

Seperti halnya satuan panjang, satuan massa juga sanggup diubah atau dikonversikan ke satuan massa yang lebih besar atau lebih kecil.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal  Pengertian Sistem Satuan Internasional (SI) dan Konversi Satuan Panjang, Massa dan Waktu
Gambar: Tangga Satuan Massa

Aturan konversinya: setiap turun satu tingkat satuan dikalikan 10. Sebaliknya, setiap naik satu tingkat dibagi 10.

Contoh:

  • kg ke g turun 3 tingkat, berarti:
  • 1 kg = (1 × 10 × 10 × 10) g = 1.000 g
  • mg ke dg naik 2 tingkat, berarti: mg = (1 : 10 : 10) dg = 1/100 dg

Satuan massa lainnya, antara lain ton dan kwintal.

  • 1 ton = 1.000 kg
  • 1 kwintal = 100 kg

Contoh Konversi Satuan Massa

1) 1 pon (lb) = 4,536 × 10–1 kg = 0,4536 kg

2) 1 slug = 14,59 kg

3) 1 atomic mass unit atau 1 satuan massa atom = 1,66 × 10–27 kg

3. Satuan Waktu

Satuan waktu secara internasional ialah sekon (detik). 1 sekon didefinisikan sebagai waktu yang diharapkan oleh atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali. Alat untuk menghasilkan 1 detik standar ialah jam atom cesium.
Gambar: Jam Atom Cesium-133

Sampai ketika ini jam atom merupakan alat ukur waktu dengan ketelitian paling tinggi sebab dalam kurun waktu 3 juta tahun hanya bertambah cepat 1 sekon.

Konversi Satuan Waktu

a. 1 menit = 60 sekon

b. 1 jam = 3.600 sekon

c. 1 hari = 8,64 × 104 sekon

d. 1 tahun = 3,1596 × 107 sekon

Dalam mekanika, satuan-satuan dalam SI yang penting dan sering kita gunakan yaitu meter (m), kilogram (kg), dan sekon (s).

Dari ketiga satuan itu dikenal sistem satuan MKS, abreviasi dari meter, kilogram, dan sekon. Dalam perkembangannya, sering juga dipakai satuan panjang sentimeter (cm) dan satuan massa gram (g).

Satuan cm lebih kecil daripada m dan satuan g lebih kecil daripada kg. Dari satuan cm, g, dan s dikenal sistem satuan CGS (centimeter, gram, sekon). Kedua sistem satuan tersebut (MKS dan CGS) masih tergolong dalam ruang lingkup SI.