Pengertian, Struktur Dan Bagian-Bagian Kromosom

Saat ini ilmu genetika mengalami kemajuan sehingga para jago genetika sanggup mendiagnosis kelainan genetik pada janin sebelum kelahiran.

Genetika adalah cabang biologi yang mempelajari sifat keturunan dari induk kepada keturunannya.

Pengertian Kromosom

Kromosom merupakan zat yang gampang mengikat zat warna sehingga gampang diamati sewaktu sel membelah. Kromosom terdapat di dalam inti sel berupa benang halus berbentuk bengkok atau menyerupai batang.

Zat penyusun kromosom disebut kromatin, yaitu serabut halus yang terjalin menyerupai benang. Kromosom terdiri atas belahan dua benang halus yang sama, disebut kromatid.

Dalam kromosom terdapat gen yang membawa sifat-sifat keturunan atau disebut juga faktor keturunan. Gen tersusun secara teratur pada suatu formasi tertentu dan berada di dalam lokus.

Fungsi gen adalah mengatur metabolisme dan perkembangan setiap individu dan sebagai pemberi gosip genetik pada generasi selanjutnya.

Jumlah kromosom setiap spesies berbeda-beda. Hal ini bergantung pada genotif yang dibawa setiap individu dari induknya. Kromosom lebih gampang dilihat atau diamati kalau dipakai teknik pewarnaan khusus selama nukleus membelah.

Pada ketika nukleus membelah diri, kromosom menjadi lebih tebal dan pendek, serta sanggup menghisap zat pewarna.

Struktur dan Bagian-bagian kromosom

Bagian-bagian dari kromosom yaitu sebagai berikut:

Saat ini ilmu genetika mengalami kemajuan sehingga para jago genetika sanggup mendiagnosis k Pengertian, Struktur dan Bagian-bagian Kromosom
a. Sentromer (Kinetokor)

Sentromer yaitu bab yang menyempit dan tampak lebih terang. Sentromer membagi kromosom menjadi dua lengan dan dianggap sebagai kepala kromosom.

Biasanya digambar sebagai bulatan. Sentromer berfungsi sebagai daerah menggantungnya kromosom pada gelendong sel (spindle) ketika sel membelah.

b. Lengan Kromosom (Telomer)

Lengan kromosom merupakan tubuh kromosom yang mengandung kromonema, yaitu struktur berbentuk benang halus berpilin, daerah gen-gen berderet. Berdasarkan letak sentromer, kromosom dibagi menjadi beberapa bentuk, yaitu:

Saat ini ilmu genetika mengalami kemajuan sehingga para jago genetika sanggup mendiagnosis k Pengertian, Struktur dan Bagian-bagian Kromosom
Gambar: Macam-macam Kromosom menurut letak Sentromernya


1) Metasentris

Sentromer terletak di tengah kromosom. Kromosom terbagi menjadi dua bab yang sama bentuknya menyerupai abjad V.

2) Submetasentris

Sentromer terletak agak ke tengah atau ke arah salah satu ujung kromosom. Kromosom terbagi menjadi dua lengan tak sama panjang. Bentuk menyerupai abjad J.

3) Akrosentris

Sentromer terletak di bersahabat ujung kromosom. Oleh alasannya itu, kromosom tetap lurus menyerupai batang. Satu lengan sangat pendek, sedangkan lengan yang lain panjang.

4) Telosentris

Sentromer terletak di ujung kromosom. Oleh alasannya itu, kromosom terdiri atas satu lengan, dan berbentuk lurus menyerupai batang.