Pengertian Suhu (Temperatur) Dan Panas (Kalor) Serta Perbedaan Suhu Dan Kalor

Berikut ini yaitu pembahasan wacana suhu yang mencakup pengertian suhu, pengertian temperatur, pengertian kalor, pengertian panas, perbedaan suhu dan kalor, pengukuran suhu.

Satu lagi besaran pokok yang sering kau jumpai dalam kehidupan sehari-hari yaitu suhu. Apakah suhu itu? Bagaimana cara mengukur suhu? Apa pula satuannya?

Pengertian Suhu

Pernahkah kau menyebarkan kopi hangat atau es sirop? Menurutmu, untuk menciptakan secangkir kopi panas, apa yang kau perlukan? Apa juga yang kau perlukan untuk menciptakan segelas sirop dingin?

Untuk menciptakan secangkir kopi panas, kau memerlukan beberapa sendok kopi dan air panas, sedangkan untuk menciptakan sirop masbodoh kau memerlukan sari sirop, air, dan es batu.

Bagaimana kau sanggup memilih bahwa air kopi itu terasa panas dan sirop itu terasa dingin?

Dalam kehidupan sehari-hari kau sering mengukur suhu dengan penglihatan, sentuhan, dan perasaanmu saja sehingga kau hanya melaksanakan asumsi terhadap derajat panas suatu benda.

Nah, betulkah indra peraba tidak sanggup dipakai untuk mengukur suhu suatu benda? Dapatkah kau memilih dengan sempurna perbedaan antara hangat dan masbodoh dengan memakai indra peraba (tangan)?

Indra peraba, menyerupai tangan tidak sanggup memilih secara sempurna nilai panas dan masbodoh suatu benda. Tangan hanya sanggup memilih nilai derajat panas dan masbodoh suatu benda secara relatif dengan memakai perasaan.

Berikut ini teladan lainnya bahwa indra peraba bersifat relatif dalam memilih nilai derajat panas suatu keadaan. Pernahkah kau pergi berkemah ke tempat pegunungan?

Ketika malam hari dikala kau berkemah di tempat pegunungan, kau akan mencicipi bahwa cuaca di sekitarmu terasa masbodoh sehingga kau memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu.

Lain halnya dengan penduduk di sekitar pegunungan, mereka tidak terlalu mencicipi masbodoh alasannya mereka sudah terbiasa dengan keadaan masbodoh di pegunungan.

Hal ini mengambarkan bahwa indra peraba tidak sanggup dipakai untuk mengukur derajat panas suatu benda alasannya setiap orang mempunyai perbedaan dalam mencicipi suhu di sekitarnya.

Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan dipakai suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.

Dengan memakai besaran suhu ini, kau sanggup memilih panas dan masbodoh suatu keadaan secara pasti.
Jadi, suhu adalah besaran fisika yang menyatakan derajat panas suatu benda.
Panas (kalor) dan suhu bukanlah hal yang sama. Energi panas suatu benda tergantung pada energi gerakan atom dan molekulnya. Jumlah panas sanggup diukur dalam kalori.

Berbeda dengan suhu, suhu suatu benda menawarkan tingkat energi panas benda tersebut. Suhu terendah yang mungkin yaitu 273 derajat di bawah nol skala celsius. Para ilmuwan percaya pada suhu itu molekul diam.
Kalor adalah salah satu bentuk energi yang sanggup diterima / dilepaskan oleh suatu benda. Satuan kalor yaitu joule atau kalori. Persamaannya adalah: 1 joule = 0,24 kalori.

Perbedaan Suhu dan Kalor

Berikut ini yaitu pembahasan wacana suhu yang mencakup pengertian suhu Pengertian Suhu (Temperatur) dan Panas (Kalor) serta Perbedaan Suhu dan Kalor
Bagan: Perbedaan Suhu dan Kalor

Pengukuran Suhu

Dari uraian sebelumnya, kau telah mengetahui bahwa besaran untuk mengukur panas atau dinginnya suatu keadaan dinamakan suhu. Nah, tahukah kau bagaimana cara mengukur suhu suatu keadaan secara tepat?

Untuk mengukur suhu suatu keadaan dipakai termometer. Termometer berasal dari bahasa Yunani, yaitu thermos dan meter. Thermos artinya panas, sedangkan meter artinya mengukur. Jadi, termometer merupakan alat untuk mengukur suhu.

Termometer biasanya berbentuk sebuah pipa beling sempit tertutup yang diisi dengan zat cair, menyerupai air raksa. Dalam sistem internasional besaran suhu memakai skala Kelvin (K), tetapi di Indonesia besaran suhu yang sering dipakai yaitu Celsius (°C).