Perbedaan Pengertian Genotip Dan Fenotif

Dalam suatu persilangan terdapat sifat genotif dan fenotif. Genotip adalah susunan genetik suatu individu (sesuatu yang tidak sanggup diamati).

Sifat genotip suatu individu diberi simbol dengan karakter dobel. Misalnya, genotip untuk flora berbatang tinggi = TT, genotip untuk flora berbatang rendah = tt. Huruf T dan t disebut gamet.

2 Macam sifat genotip

Gen dibagi menjadi dua macam, ada yang merupakan gen homozigot dan ada juga yang merupakan gen heterozigot.

Homozigot adalah sifat suatu individu yang genotipnya terdiri atas gen-gen yang sama dari tiap jenis gen, contohnya AA dan aa.

Sedangkan, heterozigot adalah sifat suatu individu yang genotipnya terdiri atas gen-gen yang berlainan dari tiap jenis gen, contohnya Aa dan Bb.

Bentuk luar atau sifat-sifat yang sanggup diamati disebut fenotip. Fenotip sangat dipengaruhi oleh gen dan lingkungan.

Jika gen suatu flora mempunyai sifat tinggi, tetapi kalau lingkungan tidak mendukung, maka flora tersebut tidak akan mencapai tinggi yang seharusnya.

Fenotip tidak diberi simbol, tetapi ditulis sesuai penampakan. Misalnya, warna bunga merah, rasa buah manis, batang tinggi atau pendek.

Dalam suatu persilangan terdapat sifat genotif dan fenotif Perbedaan Pengertian Genotip dan Fenotif
Contoh Diagram Persilangan pada Sweet Pea (Lathyrus Odoratus)

Perbedaan penyebutan fenotif dan genotif

Suatu bunga berwarna merah, fenotipnya disebut berwarna merah, dan genotifnya ditulis MM (untuk homozigot) atau Mm (untuk heterozigot).

Dua individu yang mempunyai sifat fenotip yang sama belum tentu mempunyai genotip yang sama. Genotifnya sanggup homozigot sanggup juga heterozigot.

Misalnya, dua pohon berbatang tinggi, sanggup mempunyai genotip berbeda yaitu TT dan Tt dengan fenotipnya sama yaitu Berbatang Tinggi.