Rangkaian Listrik Terbuka Dan Tertutup

Berikut ini merupakan pembahasan wacana pengertian rangkaian listrik terbuka, pengertian rangkaian listrik tertutup, perbedaan rangkaian listrik terbuka dan tertutup, referensi rangkaian listrik terbuka dan tertutup.

Rangkaian Listrik Terbuka dan Tertutup

Rangkaian listrik ialah susunan komponen-komponen elektronik yang dirangkai dengan sumber tegangan menjadi satu kesatuan yang mempunyai fungsi dan kegunaan tertentu.

Rangkaian listrik disebut juga untaian listrik/hubungan listrik. Rangkaian listrik sanggup pula diartikan sebagai sejumlah alat-alat listrik menyerupai contohnya stop kontak, saklar, tombol, fitting, bola lampu.

Arus listrik dalam suatu rangkaian listrik hanya sanggup mengalir bila rangkaian listrik tersebut berada dalam keadaan tertutup.

Rangkaian listrik sanggup berupa rangkaian Terbuka atau rangkaian Tertutup. Rangkaian Terbuka tidak sanggup mengalirkan arus alasannya jalannya arus diputus (dibuka). Sedangkan rangkaian tertutup sanggup mengalir pada beban dan juga pada sumber.
Berikut ini merupakan pembahasan wacana pengertian rangkaian listrik terbuka Rangkaian Listrik Terbuka dan Tertutup
Gambar: Contoh Rangkaian Listrik Terbuka dan Tertutup

Pada beban, arus mengalir dari kutub kasatmata menuju kutub negatif. Sedangkan di dalam sumber, arus mengalir dari kutub negatif kasatmata menuju kutub positif. Rangkaian listrik terdiri dari sumber arus listrik dan beban yang dihubungkan dengan memakai konduktor.

Beban sanggup berupa komponen-komponen elektronik (transistor, resistor, dan lain-lain), pesawat elektronik (radio, televisi, dan lain-lain) atau pesawat listrik (lampu, setrika listrik, dan lain-lain). Sedangkan sumber arus listrik sanggup berupa baterai atau listrik PLN.