Struktur Organ Pada Flora Serta Bagian-Bagian Flora Dan Fungsinya

Berikut ini merupakan pembahasan wacana salah satu struktur tumbuhan, ialah organ pada flora dan fungsinya, bagian-bagian flora dan fungsinya, struktur sel tumbuhan, bagian-bagian akar dan fungsinya, bagian-bagian daun dan fungsinya, bagian-bagian batang dan funsinya, bagian-bagian bunga dan fungsinya.

Struktur Organ pada Tumbuhan

Organ flora dibuat oleh beberapa jaringan yang bergabung menjadi suatu sistem jaringan. Organ pokok flora ada tiga, ialah akar, batang, dan daun. Pada flora biji atau berbunga, terdapat bunga sebagai alat perkembangbiakannya.

1. Akar

Akar merupakan serpihan badan flora yang berada di dalam tanah. Tetapi, ada juga flora yang mempunyai akar yang tumbuh di udara. Bentuk dan struktur akar sangat beragam. Hal ini berkaitan dengan fungsi akar sebagai penyimpan cadangan makanan, akar sukulen, akar rambut, dan akar napas.

Pada flora dikotil dan monokotil, ujung akarnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra biar akar tidak rusak dikala menembus lapisan tanah. Pada flora dikotil, akar forum terus tumbuh sehingga dihasilkan akar tunggang.

Sedangkan, pada flora monokotil akar forum mati sehingga tidak sanggup tumbuh. Sebagai gantinya, dari pangkal batang akan tumbuh akar-akar yang mempunyai bentuk dan ukuran yang hampir sama. Akar-akar tersebut disebut akar serabut.

Baca: Bagian-bagian Akar dan Fungsinya
Berikut ini merupakan pembahasan wacana salah satu struktur flora Struktur Organ pada Tumbuhan serta Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya
Gambar: Struktur Tumbuhan

2. Batang

Batang merupakan serpihan flora yang berada di permukaan tanah yang mencakup batang, cabang, dan ranting. Batang mempunyai fungsi sebagai sarana lintasan air dan mineral serta kawasan melekatnya daun.

Pada mulanya, batang berasal dari batang forum yang terdapat pada embrio di dalam biji. Pada pertumbuhan selanjutnya, batang berasal dari meristem apikal.

Pertumbuhan meristem apikal pada batang dikotil dan monokotil mempunyai perbedaan. Akibatnya, susunan anatomi jaringannya berbeda.

Baca: Bagian-bagian Batang dan Fungsinya

3. Daun

Daun merupakan organ flora yang berfungsi untuk fotosintesis. Hal ini disebabkan lantaran daun mempunyai zat hijau daun (klorofil) yang sanggup menyerap sinar matahari. Daun merupakan organ flora yang paling bervariasi dilihat secara morfologis dan anatomi.

Baca: Bagian-bagian Daun dan Fungsinya

4. Bunga

Bunga merupakan alat perkembangbiakan pada flora Angiospermae. Bunga merupakan alat perkembangbiakan lantaran di dalam bunga terdapat alat-alat reproduksi, menyerupai benang sari, putik, dan kandung lembaga.

Baca: Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya Lengkap