Who Is Sir William Bowman?

Sir William Bowman, Baronet pertama yaitu spesialis bedah, andal histologi dann andal anatomi yang berkebangsaan Inggris. Ia populer pada penelintiannya yang banyak memakai mikroskop dalam mempelajari organ badan manusia. (wikipedia)

Biografi singkat

Nama : Sir William Bowman
Tempat lahir : Nantwich, Britania Raya
Tanggal lahir : 20 Juli 1816
Meninggal : 29 Maret 1892, Holmbury St Mary, Britania Raya
Penghargaan : Medali Royal

Sir William Bowman (1816- 1892) yaitu spesialis bedah, andal histologi, dan andal anatomi berkebangsaan Inggris. Ia populer pada penelitiannya yang banyak memakai mikroskop dalam mempelajari organ badan manusia.

Lahir di Nantwich, Cheshire, putera ketiga dari seorang bankirm dan geolog serta botanikus amatir, Bowman mengenyam pendidikan di Sekolah Hazelwood di akrab Birmingham pada 1826.
 Baronet pertama yaitu spesialis bedah Who Is Sir William Bowman?
Sir W. Bowman
Karya pertamanya yang cukup dikenal yaitu penelitian mengenai struktur otot rangka. Pada usia 25 tahun, ia telah mengidentifikasi struktur pada nefron yang dikenal dengan kapsula Bowman.

Ia memaparkan penemuannya pada makalahnya yang berjudul “On the Structure and Use of the Malpighian Bodies of the Kidney” (“Struktur dan Fungsi Badan Malphigi pada Ginjal”) dan berhasil mendapat medali kerajaan.

Kerjasamanya dengan Robert Bentley Todd, seorang profesor ilmu faal, menghasilkan publikasi dengan lima jilid “Physiological Anatomy and Physiology of Man” (1843-1856)(“Anatomi Faal dan Faal Manusia”) dan “Cyclopaedia of Anatomy and Physiology” (1852) (“Ensiklopedia Anatomi dan Faal”). Pada 1884,

Ratu Victoria mengangkatnya menjadi seorang baronet. Ia meninggal di rumahnya, Joldwynds, di akrab Dorking, Surrey pada 1892.