Bentuk Kerjasama Asean Di Bidang Ekonomi

Pembahasan kali ini membahas perihal bnetuk kolaborasi asean, kolaborasi asean di bidang politik, kolaborasi asean di bidang politik,  bentuk bentuk kolaborasi asean, bentuk bentuk kolaborasi negara asean, pola kolaborasi negara asean, kolaborasi ekonomi negara asean dan kolaborasi asean.

Kerja Sama Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara


Negara-negara di daerah Asia Tenggara melaksanakan kolaborasi demi kemajuan bersama. Kerja sama dilakukan di banyak bidang,  seperti ekonomi.

1. Membuka Pusat Promosi ASEAN untuk perdagangan, investasi dan pariwisata di Tokyo Jepang, dengan tujuan untuk meningkatkan ekspor ke Jepang dan meningkatkan penanaman modal serta arus wisata Jepang ke negara-negara ASEAN.

2. Menyediakan Cadangan Keamanan Pangan ASEAN, terutama beras, untuk keperluan darudat. Cadangan pangan tiap-tiap negara adalah:
  • Indonesia : 12.000 ton
  • Malaysia : 6.000 ton
  • Filipina : 12.000 ton
  • Muangthai : 15.000 ton
  • Singapura : 5.000
3. Menyelenggarakan pembangunan proyek-proyek industri ASEAN, antara lain:
  • proyek pabrik pupuk urea ammonia di Aceh, Indonesia (ASEAN Aceh Fertilizer Project).
  • proyek pabrik urea di Malaysia (ASEAN Urea Project).
  • proyek industri tembaga di Filipina (ASEAN Copper Fabrication Project).
  • proyek pabrik vaksin di Singapura (ASEAN Vaccine Project).
  • proyek bubuk soda di Muangthai (Rock Salt Soda Ash Project).
Pembahasan kali ini membahas perihal bnetuk kolaborasi asean Bentuk Kerjasama Asean di Bidang Ekonomi
Kerjasama ASEAN
Dan kolaborasi di bidang lainnya seperti, politik, perdagangan, dan keamanan. Kerja sama negara negara Asia Tenggara yang populer disebut Association of Southeast Asia Nations (ASEAN).

ASEAN merupakan organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara Asia Tenggara. Organisasi ini didirikan oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand di Bangkok, Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967.

Pertemuan kelima negara tersebut menghasilkan Deklarasi Bangkok dan setuju membentuk ASEAN. ASEAN dibuat dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan negaranegara anggota.

Selain itu, ASEAN bertujuan memajukan perdamaian dan stabilitas regional di kawasan Asia Tenggara. Saat ini ASEAN beranggotakan seluruh negara di daerah Asia Tenggara, kecuali Timor Leste dan Papua Nugini.

Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-6 pada tahun 1992 di Singapura membahas peningkatan kolaborasi bidang ekonomi. Kerja sama ini mengarah pada pembentukan perdagangan bebas di daerah Asia Tenggara (ASEAN Free Trade Area/AFTA) yang dimulai tahun 2003.

Pada tahun 2015 dibutuhkan suatu komunitas ekonomi ASEAN sudah terbentuk. Kerja sama ekonomi bertujuan mewujudkan integritas ekonomi yang telah akrab di antara negara-negara anggota ASEAN.