Luskhan Itilensis: Jago Paleontologi Telah Mengidentifikasi Spesies Pliosaurus Baru

Reconstruction by Andrey Atuchin. Andrey-Atuchin.blogspot.com


Pliosaurus atau bisa dikenal sebagai pliosauroid yaitu sejenis plesiosaur berleher pendek. Pliosaurus meruapakan reptil bahari yang handal dalam berenang dibandingkan sepupu mereka yang berleher panjang.

Seperti yang dilansir dari laman Sci News (25/05/2017), makhluk ini bukan dinosaurus, tapi berkerabat bersahabat dengan kura-kura. Mereka mempunyai empat sirip besar, kepala besar, rahang yang sangat kuat. dan gigi yang sangat besar. Ikan yang diburu yaitu jenis dari moluska cephalopoda dan reptil bahari lainnya.

Mereka hidup antara 220 juta tahun yang kemudian pada periode Trias dan 70 juta tahun yang kemudian periode Cretaceous. Kebanyakan mereka ditemukan di bahari prasejarah Eropa. Pliosaurus yang gres diidentifikasi berjulukan Luskhan itilensis. Reptil bahari itu hidup pada zaman Hauterivian periode Cretaceous sekitar 130 juta tahun yang lalu.

Tengkoraknya yang ditemukan hampir lengkap pada 15 tahun yang kemudian oleh andal paleontologi Dr. Gleb Uspensky dari Ulyanovsk State University.

"Tengkorak Luskhan itilensis panjangnya sekitar 5 kaki (1,5 m) dan mengatakan seekor binatang besar. Tapi badannya sangat ramping, ibarat binatang pemakan ikan yang memakan ikan mirip gharials atau beberapa spesies lumba-lumba sungai, "kata Dr. Valentin Fischer seorang peneliti di University of Liege Belgia.

"Kumpulan tengkorak tersebut meupakan fitur yang paling mencolok, alasannya yaitu hal tersebut mengatakan bahwa pliosaurus menjajah rentang relik ekologis yang jauh lebih luas daripada yang diperkirakan sebelumnya."

"Dengan menganalisis dua dataset komprehensif yang menggambarkan anatomi dan ekomorfologi plesiosaurus dengan teknik mutakhir, kami mengungkapkan bahwa beberapa konvergensi evolusi terjadi selama evolusi plesiosaurus, terutama sehabis insiden kepunahan yang penting pada final Jurassic 145 juta tahun yang lalu, "Kata periset tersebut.

"Temuan gres ini juga berakibat pada kepunahan terakhir dari pliosaurus, yang terjadi beberapa puluh juta tahun sebelum dinosaurus."

"Memang, karenanya mengatakan bahwa pliosaurus bisa berdiri kembali sehabis kepunahan Jurassic terakhir, namun kemudian menghadapi kepunahan lain dikala derada dalam dalam lautan purba, selamanya."

Penulis: Ahmad Edi Darmawan

Sumber: http://www.sci-news.com/paleontology/new-pliosaur-species-luskhan-itilensis-04892.html