Macam-Macam Mikroskop Dan Fungsinya, Bahan Lengkap

Mikroskop yakni alat laboratorium yang dipakai untuk membantu melihat atau mengamati benda yang berukuran kecil (mikroskopis). Kata "mikroskop" diambil dari Bahasa Latin yakni micro = kecil; scope = melihat, sehingga pengertian mikroskop adalah alat yang dipakai untuk melihat benda yang berukuran kecil. Mikroskop pertama kali ditemukan oleh Anthony Van Leewenhoek pada tahun 1674 dan terus mengalami perkembangan yang pesat hingga kini. 

Cara kerja mikroskop yakni dengan memakai dua lensa yakni lensa okuler (bagian pengamat) dan lensa objektif (bagian yang akrab dengan objek). Bagian mikroskop yang menghubungkan antara lensa okuler dengan lensa objektif yakni tabung mikroskop yang kemudian diberi sumber cahaya untuk memperjelas pengamatan. Apabila kita melihat benda di mikroskop, maka bayangan yang terbentuk dari lensa yakni terbalik, maya, diperbesar. Dengan memakai mikroskop, benda mikroskopis sanggup diperbesar mulai dari 40x hingga 1.000x.

Jenis-jenis Mikroskop
Teknologi mikroskop mengalami banyak sekali perkembangan sehingga ada beberapa macam mikroskop yang digunakan. Berdasarkan cara kerjanya, mikroskop terdiri dari mikroskop cahaya (optik) dan mikroskop elektron.

Mikroskop cahaya adalah jenis mikroskop yang memakai cahaya untuk mengamati objeknya. Sumber cahaya sanggup dengan memakai cahaya sekitar yang dipantulkan dengan memakai cermin atau memakai cahaya lampu yang terhubung dengan listrik. Contoh mikroskop cahaya yakni mikroskop monokuler, mikroskop binokuler, mikroskop digital, dan mikroskop stereo. 

Mikroskop elektron yakni jenis mikroskop yang memakai berkas elektron yang terletak di bab atas sebagai sumber energi, bukan cahaya. Berkas elektron difokuskan kepada objek oleh lensa pembalik yang kemudian diproyeksikan ke layar atau ke komputer dengan perbesaran jutaan kali. Mikroskop jenis ini dipakai oleh para profesional dan peneliti. Terdapat dua macam mikroskop elektron yakni SEM (Scanning Electron Microscope) dan TEM ((Transmition Electron Microscope).

 Mikroskop yakni alat laboratorium yang dipakai untuk membantu melihat atau mengamati b Macam-macam Mikroskop dan Fungsinya, Materi LENGKAP
Gambar 1. Macam-macam mikroskop :(a) Mikroskop cahaya; (b) Mikroskop monokuler;
(c) Mikroskop Binokuler; (d) Mikroskop digital; (e) Mikroskop elektron.


Bagian-bagian Mikroskop dan Fungsinya
 Mikroskop yakni alat laboratorium yang dipakai untuk membantu melihat atau mengamati b Macam-macam Mikroskop dan Fungsinya, Materi LENGKAP


LENSA OKULER yakni jenis lensa yang berfungsi untuk memperbesar gambar objek dari lensa objektif sehingga terlihat oleh mata. Lensa okuler sanggup diganti sesuai dengan kebutuhan ukuran pembesarannya. Pembesaran lensa okuler yakni 5x, 10x, dan 15x.

LENSA OBYEKTIF adalah jenis lensa untuk memperbesar objek biar terlihat oleh lensa okuler. Lensa okuler mempunyai pembesaran majemuk sesuai dengan model dan pabrik pembuatannya. Pembesaran lensa okuler yakni 4x, 10x, 40x, dan 100x. Pergantian perbesaran lensa objektif diatur oleh revolver.

TABUNG MIKROSKOP adalah daerah penghubung lensa okuler dan lensa objektif

MAKROMETER (PENGATUR FOKUS KASAR) berfungsi untuk memfokuskan lensa dengan pergerakan yang garang dan juga menaik-turunkan bab tabung mikroskop dengan cepat.

MIKROMETER (PENGATUR FOKUS HALUS) berfungsi untuk memfokuskan lensa dengan pergerakan yang halus dan juga menaik-turunkan bab tabung mikroskop dengan lambat

REVOLVER berfungsi untuk memutar posisi lensa objektif yang diadaptasi dengan pembesaran.

LENGAN MIKROSKOP adalah bab pegangan ketika membawa atau memegang mikroskop. 

MEJA MIKROSKOP berfunsgi untuk daerah meletakkan preparat yang diamati.

PENJEPIT PREPARAT berfungsi untuk menjepit preparat / slide biar tidak gampang berubah posisinya. Penjepit mikroskop ada yang sanggup digeser maju mundur dan ada yang tidak sanggup digeser.

DIAFRAGMA berfungsi untuk mengatur atau menyaring banyaknya cahaya yang masuk 

SUMBER CAHAYA berfungsi untuk memperlihatkan cahaya biar objek sanggup terlihat. Sumber cahaya pada mikroskop ada yang memakai cermin dan lampu. Mikroskop yang memakai cermin terdiri dari cermin datar dan cermin cekung. Mikroskop yang memakai lampu sebagai sumber cahaya 

KAKI MIKROSKOP berfungsi sebagai penumpu atau menopang mikroskop.



Cara Menggunakan Mikroskop
Menyiapkan mikroskop 

  1. Peganglah lengan mikroskop dengan ajun sementara tangan kiri menyangga kaki mikroskop. 
  2. Letakkan di atas meja yang kokoh dan bersih. 
  3. Bersihkan mikroskop dan kenali bagian-bagiannya. 
Mengatur penyinaran 

  1. Dengan melihat melalui lensa okuler, aturlah cermin biar diperoleh penyinaran yang merata di seluruh medan pandangan. 
  2. Untuk mengumpulkan cahaya biar kekuatan pencahayaan bertambah gunakanlah kondensor. Abaikan tahapan ini kalau sumber cahaya memakai lampu.
  3. Jika sinar terlalu kuat, maka aturlah dengan diafragma.
Mengatur lensa 

  1. Putar revolver untuk memindahkan lensa objektif dengan pembesaran paling kecil (4x) sempurna di tengah meja sediaan hingga terdengar suara klik.
  2. Letakkan preparat di tengah meja sediaan dan jepit biar tidak bergeser perhatikan dari samping dan putarlah makrometer / pengatur fokus garang untuk menurunkan tabung mikroskop dengan cepat sehingga lensa objektif hampir menyentuh preparat.
  3. Gunakan mikrometer / pengatur fokus halus untuk memfokuskan preparat.
Mengganti perbesaran 

  • Putarlah lensa objektif yang diinginkan ke sumbu optik hingga terdengar suara klik dengan memutar revolver.
  • Lensa objektif cenderung memerlukan pencahayaan yang kuat. Aturlah bab diafragma biar memperoleh pencahayaan yang bagus.
  • Usai melaksanakan pengamatan, kembalikan posisi lensa objektif ke perbesaran lemah.