Botani Bunga Desember (Blood Lily)




Bunga desember ialah tumbuhan ornamental dan berumbi orisinil Afrika Tropis. Tumbuhan monokotil ini pertama kali dideskripsikan oleh Thomas Martyn pada tahun 1795. Nama latin (ilmiah) bunga desember adalah Haemanthus multiflorus. Namun, Constantine Samuel Rafinesque mengubah nama Haemanthus multiflorus ke dalam genus gres yakni, yakni Scadoxus pada tahun 1838. 

Di Indonesia, tumbuhan ini sering dijadikan tumbuhan hias dan sempat terkenal beberapa dekade yang lalu. Tanaman ini dijuluki bunga desember alasannya sering berbunga pada demam isu penghujan di bulan Desember. Habitus tumbuhan ini berupa tumbuhan monokotil yang mempunyai umbi (bulbous) dengan tinggi tumbuhan 30 sampai 60 cm. Tanaman ini biasanya bergerombol menurut banyaknya umbi.

Tanaman ini dijuluki bunga desember alasannya sering berbunga pada demam isu penghujan di bulan Desember.

Morfologi tumbuhan ini mempunyai bentuk bunga karangan atau bunga beragam yang mempunyai bentuk bundar dengan warna merah dengan diameter ± 15-20 cm. Bagian bunga yang beragam mempunyai tangkai berwarna hijau dengan panjang ± 15 cm dan tumbuh di ketiak daun. Kluster bunga beragam terdiri atas 10 sampai 200 bunga tunggal. Tiap bunga tunggal  memiliki 1 putik dan 5 benang sari serta 6 helai mahkota bunga dengan bentuk menyerupai pita sempit yang berwarna merah; warna bakal buah hijau-kekuningan dan warna tangkai bunga merah muda.

Bagian alat reproduksi bunga desember.

Batang tumbuhan bunga desember berupa umbi yang berbentuk bulat, berwarna hijau kecolkatan yang disertai bintik -bintik. Pada waktu demam isu kemarau, umbi melaksanakan dormansi dan dikala demam isu hujan atau keadaan air cukup, maka batang semu akan tumbuh. Batang semu tersusun dari tangkai daun yang saling terbalut dengan daun yang lain

Tanaman ini mempunyai daun tipis dan lebar dengan permukaan yang mengkilat. Ukuran daun dengan panjang 15-25 cm dan lebar 8 – 18 cm serta mempunyai urat daun sejajar dan agak melengkung. Sementara tangkai daun saling memeluk satu tangkai yang lain sehingga membentuk batang semu.

Buah Bunga Desember

Buah tumbuhan bunga desember pada umumnya hanya 1 atau 2 saja yang terbentuk dari banyaknya kluster bunga majemuk. Bentuk buah bulat-pipih dan lonjong; diameter ±0,5 cm. Buah yang muda mempunyai warna hijau dan buah yang masak mempunyai warna merah. Tiap buah biasanya mempunyai satu biji.

Klasifikasi Bunga Desember (Blood Lily)
Kingdom:  Plantae
Filum:  Tracheophyta
Kelas:  Liliopsida
Ordo: Asparagales
Famili: Amaryllidaceae
Genus: Scadoxus
Spesies: Scadoxus multiflorus
Sub-spesies: S. multiflorus katharinae; S. multiflorus longitubus; S. multiflorus multiflorus


Manfaat dan Peranan Bunga Desember
Genus dari Scadoxus memiliki toksin lethal bagi binatang alasannya kandungan alkaloidnya yang tinggi. Di Afrika biasanya dipakai untuk olesan panah berburu. Sementara Scadoxus multiflorus secara tradisional sanggup dipakai sebagai obat malaria dan kudis.


Referensi
  • Du Plessis, N. & Duncan, G., 1989, Bulbous Plants of Southern Africa, A guide to their Cultivation and Propagation.
  • Germishuizen, G., 1997, Wild Flowers of Northern South Africa.
  • Neuwinger, H.D., African Ethnobotany, Poisons and Drugs.
  • Whistler, W.A. 2000. Tropical ornamentals.