Penggolongan Jenis Binatang Menurut Daerah Hidupnya

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan Materi IPA : Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya beserta Contohnya. Baiklah mari kita bahas selengkapnya.

Penggolongkan binatang atau binatang menurut tempat hidupnya dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :

1. Hewan yang hidup di darat

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan Materi IPA  Penggolongan Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Hewan yang hidup di darat biasa disebut binatang darat. Hewan darat banyak sekali jenis atau macam-macamnya. Mereka ada yang hidup secara sendiri, ada pula yang hidup berkelompok atau berkoloni. Adapun jenis binatang tersebut antara lain :

- Hewan yang hidup di lingkungan sekitar kita

Kita niscaya sudah diajarkan oleh orang renta kita perihal nama-nama binatang di sekitar kita semenjak kita kecil, seperti, kucing, bebek, kupu-kupu, sapi, ayam, burung dan lainnya. Hewan-hewan tersebut ada yang dipelihara dan ada juga yang tidak dipelihara. Hewan yang dipelihara biasanya untuk suatu keperluan, misal untuk dibudidayakan (diternak) menyerupai ayam, sapi, kambing, untuk binatang peliharaan, menyerupai kucing, anjing, dll. Selain itu ada juga jenis binatang yang liar yang ada disekitar kita, misalnya tikus, kecoa, cicak, dan sebagainya.

- Hewan yang hidup didalam hutan

Hewan yang hidup di hutan biasanya merupakan binatang liar atau buas. Hutan merupakan tempat tinggal atau habitat dari banyak sekali jenis hewan, ada binatang yang buas dan lemah, ada binatang pemakan rumput dan binatang predator, ada yang binatang yang jumlahnya sangat banyak ada pula yang binatang yang hampir punah. Contoh binatang yang tinggal didalam hutan yaitu harimau, singa, gajah, kijang dan macan serta ada juga serangga dan burung.

-Hewan yang hidup didalam tanah

Selain hidup di permukaan tanah, banyak pula binatang yang hidup didalam tanah. Mereka hanya sesekali saja keluar tanah untuk mencari makan. Adapun jenis binatang yang hidup didalam tanah yaitu cacing, rayap, semut, dan banyak sekali jenis serangga lainnya.

2. Hewan yang hidup di air

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan Materi IPA  Penggolongan Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya


Hewan yang hidup di air biasa disebut  binatang air. Banyak dari binatang air yang sanggup dimakan atau dikonsumsi antara lain : ikan, udang, cumi-cumi. Hewan air sanggup dibagi menjadi 3 macam yaitu binatang air tawar, binatang air payau, dan binatang air laut.

- Hewan Air tawar

Air tawar terdapat di peraiaran yang terletak di wilayah darat, menyerupai sungai, waduk, dan danau. Hewan yang hidup di air tawar sanggup dijadikan sebagai hiasan dan untuk dimakan. Misalnya ikan gurame, ikan mas, ikan nila, ikan lele, ikan gabus, dan udang.

- Hewan Air Payau

Air payau yaitu perairan adonan antara air tawar dan air laut. Jika kadar garam yang dikandung dalam satu liter air yaitu antara 0,5 hingga 30 gram, maka air ini disebut air payau. Namun kalau lebih, disebut air asin. Di kawasan pesisir pantai banyak dibentuk tambak untuk membudidayakan banyak sekali jenis binatang yang hidup di air payau. Contohnya yaitu adalah kerang, kepiting bakau, udang dan ikan bandeng. Semua jenis binatang tersebut sanggup dikonsumsi oleh manusia.

- Hewan Air Laut

Air di maritim banyak mengandung garam, sehingga rasanya asin. Karena maritim mempunyai area yang luas, maka binatang air maritim jumlah dan jenisnya lebih banyak dari binatang air tawar. Hewan maritim juga banyak dikonsumsi insan menyerupai bawal, udang, kerang, tuna. Hewan maritim mempunyai ukuran yang bervariassi, ada binatang yang kecil, menyerupai ikan-ikan kecil yang hidup di sekitar terumbu karang, ada juga binatang yang sangat besar menyerupai paus. Ukuran paus 25 kali dari ukuran gajah. Contoh binatang air maritim antara lain gurita, cumi-cumi, bintang laut, ikan pari, ikan hiu, ikan badut, dan lain sebagainya.

3. Hewan yang hidup di darat dan air (amfibi)

Selain binatang darat, dan binatang air, ada juga binatang yang hidup di darat dan di air. Hewan ini biasa disebut dengan binatang amfibi. Contoh hewan amfibi yaitu salamander, buaya, sesilia, kodok dan katak. 

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan Materi IPA  Penggolongan Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Katak memulai hidupnya di air. Setelah dewasa, katak mengalami perubahan. Katak sampaumur hidup di darat dan di air.

Demikian Materi IPA : Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya beserta Contohnya. Semoga bermanfaat.