Contoh Kejadian Perubahan Fisika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setelah kau mengetahui perbedaan antara perubahan fisika dan perubahan kimia, pada pembahasan ini kau akan mencari tahu mengenai contoh-contoh perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.


Contoh Peristiwa Perubahan Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari

Peristiwa perubahan fisika sanggup terjadi sebab perubahan wujud zat, perubahan bentuk, perubahan ukuran, perubahan volume, perubahan bentuk energi, dan pelarutan. Agar lebih jelas, pelajari uraian berikut.

1) Peristiwa Perubahan Fisika sebab Perubahan Wujud

Peristiwa perubahan fisika yang menjadikan perubahan wujud sanggup terjadi sebab efek pemanasan. Materi yang telah mengalami perubahan fisika sebab perubahan wujud sanggup dikembalikan pada wujud semula.

Contoh perubahan fisika sebab per-ubahan wujud, antara lain:

  1. Es yang berwujud padat jikalau dibiarkan di daerah terbuka akan berubah wujud menjadi air.
  2. Air jikalau dipanaskan akan berubah wujud menjadi uap.
  3. Embun terjadi sebab uap air di udara melepaskan panas dan menjadi air.
  4. Kapur barus jikalau dibiarkan di daerah terbuka akan menyublim menjadi gas.

2) Peristiwa Perubahan Fisika sebab Perubahan Bentuk

Tukang kayu mengubah kayu menjadi dingklik dan meja. Perubahan materi dari kayu menjadi dingklik termasuk perubahan fisika. Hal ini sebab kayu hanya mengalami perubahan bentuk saja, sedangkan sifatnya tidak berubah.

Contoh lain ialah perubahan materi dari aluminium menjadi teko, sendok, dan panci. Hal ini termasuk perubahan fisika sebab aluminium hanya mengalami perubahan bentuk saja, sedangkan sifatnya tidak berubah.

3) Peristiwa Perubahan Fisika sebab Perubahan Ukuran

Contoh: biji kopi digiling menjadi serbuk kopi dan kerikil dipecah-pecah. Sifat kopi tidak berubah, yang berubah hanya ukurannya. Demikian juga dengan kerikil yang dipecah-pecah.

4) Peristiwa Perubahan Fisika sebab Perubahan Volume

Contoh: raksa atau alkohol dalam termometer memuai jikalau menyentuh permukaan yang panas sehingga sanggup dipakai sebagai pengukur suhu. Sifat raksa dan alkohol tidak berubah meskipun mengalami pemuaian.

5) Peristiwa Perubahan Fisika sebab Perubahan Bentuk Energi

Ingat bahwa energi tidak sanggup dihilangkan dan juga tidak sanggup diciptakan. Energi hanya sanggup diubah dari bentuk satu ke bentuk lain. Contoh: lampu pijar menyala dan kipas angin berputar.

6) Peristiwa Perubahan Fisika sebab Pelarutan

Pernahkah kau menciptakan es jeruk? Jika kau menciptakan es jeruk, kau terlebih dahulu memeras jeruk untuk mengambil sari jeruknya, lalu melarutkan sari jeruk tersebut ke dalam air dingin.

Nah, apakah rasa jeruk tersebut berubah sesudah kau campurkan dengan air dingin? Rasa jeruk sesudah dicampurkan dengan air cuek tetap sama. Oleh sebab sifat jeruk tidak berubah sesudah dilarutkan dalam air, insiden ini tergolong perubahan fisika sebab pelarutan.

Contoh lain perubahan fisika sebab pelarutan ialah dikala kau menciptakan kopi. Rasa kopi sesudah dilarutkan dalam air tetap sama atau tidak berubah.