Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Fotosintesis Pada Tumbuhan

Berikut ini merupakan pembahasan wacana beberapa faktor yang menghipnotis proses fotosintesis pada tumbuhan, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis, faktor yg menghipnotis fotosintesis.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis

Fotosintesis dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor-faktor yang menghipnotis hasil ataupun reaksi fotosintesis ialah sebagai berikut.

a. Konsentrasi karbon dioksida (CO2) di udara, semakin tinggi konsentrasi CO2 di udara, maka laju fotosintesis semakin meningkat.

b. Klorofil, semakin banyak jumlah klorofil dalam daun maka proses fotosintesis berlangsung semakin cepat.

Pembentukan klorofil memerlukan cahaya matahari. Kecambah yang ditumbuhkan di daerah gelap tidak sanggup menciptakan klorofil dengan sempurna.

Kecambah ini dikatakan mengalami etiolasi, yaitu tumbuh sangat cepat (lebih tinggi/panjang dari seharusnya) dan batang dan daunnya tampak bewarna pucat sebab tidak mengandung klorofil.

Umur daun juga menghipnotis laju fotosintesis. Semakin bau tanah daun, kemampuan berfotosintesis semakin berkurang sebab adanya perombakan klorofil dan berkurangnya fungsi kloroplas.
Gambar: Cahaya merupakan salah satu faktor fotosintesis

c. Cahaya, intensitas cahaya yang cukup dibutuhkan biar fotosintesis berlangsung dengan efisien.

d. Air, ketersediaan air menghipnotis laju fotosintesis sebab air merupakan materi baku dalam proses ini.

e. Suhu, umumnya semakin tinggi suhunya, laju fotosintesis akan meningkat, demikian juga sebaliknya.

Namun jika suhu terlalu tinggi, fotosintesis akan berhenti sebab enzim-enzim yang berperan dalam fotosintesis rusak. Oleh sebab itu flora menghendaki suhu optimum (tidak terlalu rendah

Demikian pembahasan wacana Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis pada Tumbuhan.